Ajukan Protes Warganya Tak Lolos Perangkat Desa

Ketua Panitia Seleksi Perangkat Desa Purworejo Ali Maskuri tunjukkan hasil test bersistem perangkat
KALIORI-cbfmrembang.com, Pengumuman hasil seleksi ujian perangkat desa di Balai Desa Purworejo pada Senin (4/12) pagi diwarnai aksi protes beberapa warga setempat khususnya asal Dukuh/dusun Dresen. Pasalnya dari 20 pelamar, tidak ada satupun dari  enam orang yang lolos berasal dari dusun mereka.

Hal itu memicu protes beberapa warga Dukuh Dresen, permasalahan terjadi disebabkan mereka tak mengikuti adanya Perbub nomor 16 tahun 2017 tentang Perangkat Desa. Mereka ngotot pengisian kepala dusun harus berasal wilayah sendiri seperti aturan lama, sehingga muncul penolakan bila diisi orang luar wilayah.

Karena belum ada titik temu dengan pihak panitia akhirnya  pihak kecamatan mendatangkan pihak kabupaten. 

Menjawab protes tersebut, Kabag tata pemerintahan (Tapem) Setda Rembang Mashadi didampingi  Kasubag Pemerintahan desa (Pemdes) Gunari menjelaskan, isi Perbup nomor 16 tahun 2017 diantaranya  pengisian perangkat sesuai dengan lowongan perangkat yang kosong, selanjutnya kades berhak menata perangkat yang dianggap mampu dalam pekerjaannya dan diberi SK tugas.  

Mashadi menyebutkan seleksi perangkat desa sudah mempunyai payung hukum yang jelas, peraturan dibuat dan disahkan untuk dilaksanakan. Untuk itu segenap warga Desa Purworejo diminta menaati peraturan yang termuat dalam Perbup. 

Setelah menerima informasi adanya perubahan regulasi, akhirnya mereka tak mempermasalahkan dan kegiatan berlangsung dengan lancar. 

Sementara Camat Kaliori Mustholih ditemui usai kegiatan menjelaskan panitia sudah prosedural namun sebagian warga ngotot pengisian kadus menggunakan aturan lama sehingga untuk menyelesaikan masalah ini harus mendatangkan panitia tingkat kabupaten. Setelah menerima penjelasan barulah mereka paham dan menerima hasil seleksi. 

Ali Maskuri selaku ketua panitia seleksi perangkat desa mengatakan hasil pengumuman test perangkat desa dari 20 pelamar, enam orang dinyatakan lolos sesuai lowongan yang ada. Nama-nama mereka disusun berdasar hasil peringkat raihan nilai dan selanjutnya diserahkan kepada kades Purworejo untuk menata ke-enamnya sesuai pada posisi dan  kapasitasnya masing-masing.
  
Tercatat  di Desa Purworejo dari enam lowongan yang diperebutkan 20 orang pelamar empat diantaranya merupakan kadus, dan warga masing-masing wilayah menginginkan diisi personel setempat. Empat pedukuhan tersebut yaitu Kalianyar, Dresen, Karangpandan dan Matalan.(Heru Budi s )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 5661488970683705475

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::