Antisipasi Bencana Jadi Perhatian

Asisten II Setda Abdullah Zawawi Pimpin rakor Ekuinda di salah satu hotel di Rembang 
REMBANG-cbfmrembang.com, Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru tak hanya tentang keamanan, harga dan ketersediaan bahan pangan saja yang menjadi perhatian, tetapi antisipasi terjadinya bencana juga menjadi topik pembahasan Pemkab Rembang dalam  rapat koordinasi  Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan (Ekuinda) yang baru-baru ini digelar. 

Asisten II Sekda Rembang, Abdullah Zawawi seusai rakor mengatakan cuaca yang biasanya terjadi di akhir tahun kurang bersahabat dan menjadi perhatian pemkab. Misalnya saja jika terjadi bencana banjir  bisa menghambat arus kendaraan yang biasanya mengalami peningkatan volume di perayaan Natal dan tahun baru.

Hasil dari penyampaian laporan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Instansi Vertikal seperti TNI, Polri termasuk Bulog telah siap dalam mengantisipasi terjadinya musibah selama rentan waktu Natal sampai tahun baru.

“Seperti Bulog juga siap dalam ketersediaan pangan selama natal dan tahun baru. Termasuk di bulan- bulan yang iklimnya ekstrim ini, tidak Cuma pangan , tetapi juga gas sudah kita antisipasi,” tuturnya.

Dalam rakor tersebut semua instansi sepakat membuat grup  whatsap. Grup tersebut akan mempercepat alur komunikasi dan koordinasi jika terjadi kondisi darurat atau bencana.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melalui Sekretarisnya, Anjarwati  mengungkapkan prediksi puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember minggu ke-3 sampai Januari 2018. Dilihat dari prediksi waktu tersebut tepat saat Natal sampai tahun baru.

“Contohnya saja di Wonosobo kemarin  terjadi banjir bandang, baru-baru ini  di Lasem depan SD Wijaya juga banjir karena disana ada cekungan sehingga terjadi genangan, itu kan menghambat arus lalu lintas di pantura maka dari itu harus segera diantisipasi. Gorong- gorongnya harus segera ditindaklanjuti karena disana terjadi sedimental agar tidak mengganggu arus lalu lintas saat natal dan tahun baru,” tuturnya.

Sedangkan dari sisi kesiapan, BPBD siap secara logistik dan fasilitas. BPBD juga telah menjalin kerjasama dengan 12 organisasi relawan dalam hal penanganan bencana di Rembang. (Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4218037378238418424

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::