Bupati Rembang: Penerimaan Seleksi Perangkat Sepenuhnya Ditangan Panitia Desa

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat memberikan klarifikasi dihadapan perwakilan masyarakat di pendapa Kecamatan kota Senin pagi 04 Desember 2017
REMBANG - cbfmrembang.com, Bupati Rembang H Abdul Hafidz menegaskan, penerimaan pengisian perangkat melalui seleksi yang digelar secara serentak, sejak tanggal 1-3 Desember 2017, sepenuhnya menjadi kewenangan panitia di tingkat desa.

Baik seleksi yang dilakukan secara mandiri, ataupun menggunakan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Pemkab, ataupun diluar pihak ketiga diluar pemerintah. 

Meski pihak ketiga memberikan penilaian dan peringkat tertinggi hingga paling rendah, namun sesuai dengan Perbub, diterima dan tidaknya peserta menjadi perangkat desa, sepenuhnya ditangan panitia pengisian perangkat setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Rembang dalam acara Dinamika Pembangunan di pandapa kantor Kecamatan Rembang kota, Senin pagi (04/12/2017).

"Semua desa se Kabupaten Rembang, mulai tanggal 1,2,3 Desember 2017, memang waktu untuk pengisian perangkat sesuai dengan paraturan Bupati yang kita sampaikan. Alhamdulillah tidak ada apa-apa baik yang mandiri maupun pihak ketiga. Perlu kami sampaikan hak penuh penerimaan itu ada di panitia desa karena ini domainnya desa Bukan Bupati, atau Camat" kata Bupati Rembang.

Bupati menambahkan, menggandeng UNDIP dan UNNES sebagai pihak ketiga untuk menangani penyelengaraan seleksi perangkat, bukan merupakan intervensi dari Pemkab Rembang.

"Jadi tidak benar kalau ada anggapan kalau Bupati memaksa desa untuk menggunakan pihak ketiga yang digandeng pemkab, itu tidak benar. Mau mandiri silahkan, menggunakan pihak ketiga yang digandeng Pemkab juga silahkan. Saya tidak pernah memaksa, semua saya serahkan kepada desa masing-masing" jelas Bupati.

Tahun ini, ada  231 desa yang membuka seleksi pengisian kekosongan perangkat. 172 desa memilih mengadakan seleksi dengan menggandeng pihak ketiga yang ditunjuk Pemkab Rembang. 88 desa mengadakan seleksi di UNNES, dan 90 desa lain memilih tes di UNDIP.

Untuk 59 desa lain, mengadakan seleksi secara mandiri, atau menunjuk pihak ketiga lain diluar Pemkab Rembang, seperti Kecamatan Sarang yang memilih STIE Semarang, atau Kecamatan Bulu yang memilih mengadakan seleksi di SMA Negeri 2 Rembang.

Namun ada empat desa yang mengadakan seleksi tanpa campur tangan pihak ketiga. Tiga Kecamatan berada di Kecamatan Rembang kota. Diantaranya, Desa Tasikagung, Desa Kabongan Lor dan Kabongan Kidul, serta Desa Tasikharjo Kecamatan Kaliori. ( ASMUI ) 
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6768671064956947087

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::