Dinkes Berupaya Keras Tekan AKI dan AKB

Pemeriksaan rutin ibu hamil kurangi angka kematian ibu dan bayi
REMBANG-cbfmrembang.com, Kenaikan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Rembang pada tahun 2016 menjadi fokus utama Dinas Kesehatan setempat untuk berupaya keras untuk menguranginya di tahun ini dan berikutnya. Langkah yang disiapkan mulai hulu sampai hilir sehingga dapat menekan jumlah kejadian per tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dr Ali Syofi'i menegaskan pihaknya berupaya keras menekan AKI dan AKB tak hanya kali ini melainkan berkelanjutan dari tahun ke tahun. Langkah pertama dari  hilir yakni sosialisasi kepada masyarakat khususnya perempuan agar berkondisi sehat sebelum hamil.

Hal itu sangat penting tutur Ali Syofi'i karena jika mengandung dalam keadaan tak sehat tentu membahayakan kondisi ibu dan bayi pada saat persalinan. Jika menderita penyakit beresiko tentunya wajib diobati terlebih dahulu dan setelah sembuh baru boleh hamil.

Lanjut Ali Syofi'i untuk hulu ditujukan jajaran tenaga kesehatan baik di rumah sakit dan puskesmas, perlu peningkatan pengetahuan sehingga lebih profesional dalam melayani kesehatan Ibu dan anak. Termasuk sinergisitas antar lini di tempat pelayanan kesehatan harus solid dalam menangani persalinan tak normal atau operasi, bila sifatnya segera tentu jangan ditunda.

Ali Syofi'i tambahkan perlu mengedepankan aspek promotif preventif terkait dengan AKI dan AKB di wilayah setempat sesuai dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menjadi kebijakan Pemerintah Pusat. Pasalnya kematian ibu dan anak merupakan hasil dari interaksi berbagai aspek meliputi klinis, system pelayanan kesehatan maupun faktor–faktor non kesehatan.

Data  Dinkes Kabupaten Rembang  tahun 2015 jumlah kematian ibu sebanyak 8 kasus, berikutnya meningkat menjadi 15 kasus. Sedangkan jumlah kematian bayi di tahun 2015 tercatat 134 kasus yang bertambah menjadi 143 kasus pada tahun 2016. (heru )

Reaksi: 

Berita Terkait

kesehatan 5371618252741432818

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::