Hari Jadi, RSUD Rembang Galang Oprasi Gratis

Direktur RSUD Rembang saat memberikan paparan penyakit yang akan di oprasi dalam rangka kegiatan layanan bakti sosial di Pendapa Kompleks Museum Kartini Rembang pada Sabtu pagi 02 Desember 2017.
REMBANG - cbfmrembang.com, Dalam rangka hari jadi ke 63, RSUD dr R Sutrasno Rembang menyelenggarakan bakti sosial layanan oprasi gratis untuk 20 jenis penyakit yang membutuhkan penanganan dokter bedah.

Kegiatan itu bekerjasama dengan para alumni dokter bedah dari Fakultas Kedokteran Unuversitas Gajah Mada (UGM) tahun 1983, yang biasa menyelenggarakan baksos serupa di berbagai kota.

Dalam baksos ini, 200 calon pasien ditargetkan selama lima hari. Pasien oprasi diutamakan warga Kabupaten Rembang, dari semua golongan. Baik warga mampu maupun tidak mampu.

Direktur RSUD Rembang Agus Setiyohadi menjelaskan, pendaftaran oprasi gratis akan mulai dibuka pada tanggal 04 Desember 2017. 

"Ini dalam rangka hari ulang tahun melibatkan alumni Fakultas Kedokteran UGM tahun 83" jelasnya saat ditemui wartawan disela-sela acara.

Calon pasien dapat mendaftarkan diri melalui proses scrining di puskesmas tingkat Kecamatan, atau langsung datang dilayanan baksos oprasi gratis yang disediakan RSUD.

Ia menambahkan, sebelum dan sesudah dioprasi, untuk pasien asal Kabupaten Rembang, semua biaya termasuk transportasi, akan ditanggung pihak RSUD. 

Selain itu, peserta oprasi akan dibebaskan dari biaya kontrol pasca oprasi. Termasuk biaya city scan, sebelum dilakukan oprasi. Pasien selama 24 jam akan mendapatkan pengawasan dan perawatan, plus pengobatan yang ditanggung rumah sakit.

Bupati Rembang Abdul Hafidz, mengapresiasi kegiatan oprasi gratis yang mengutamakan warga Kabupaten Rembang untuk semua golongan. 

Ia menambahkan, dua tahun terakhir RSUD Rembang sedang melakukan percepatan, dalam bentuk fisik yang diantara menambah sejumlah gedung, serta percepatan layanan yang diantara melengkapi peralatan yang dibutuhkan.

"Dua tahun terakhir RSUD sedang melakukan percepatan. Baik secara fisik maupun pelayanan. Seperti antrian yang dilakukan secara online meskipun masih tahap penyempurnaan" kata Bupati Rembang 

Bupati berpesan, jumlah pasien calon peserta oprasi gratis jika melibihi target, harus ada langkah penanganan. Karena besar kemungkinan, jumlah pendaftar akan melebihi target.

Ada beberapa dokter spesialis yang disediakan dalam bakti soasial oprasi gratis. Diantaranya, dokter bedah untuk penyakit mata, dokter bedah THT, dokter bedah penyakit Kandungan, dan dokter bedah Saraf seperti Hidrocephallus.

Pelaksanaan, baksos layanan oprasi gratis akan dilakukan pada tanggal 20 sampai 25 Februari 2018. 

Sedangkan daftar penyakit yang bisa dilayani dalam program baksos tersebut diantaranya, penyakit mata seperti katarak, pterygium (tumbuhnya selaput pada bola mata), Hordeolum ( bisul tumbuh di tepi mata), palatoschisis (kelainan pada langit-langit mulut).

Labioschisis (bibir sumbing), mikrotia (kelainan pada telinga), hipospadia (keabnormalan pada saluran kemih (uretra) dan penis), kontraktur (kelainan atau “pemendekan permanen” dari otot atau sendi), hidrocephallus (suatu kondisi yang terjadi ketika cairan otak serebrospinal menumpuk di ruang tengkorak dan menyebabkan otak membengkak tanpa penurunan kesadaran).

Selanjutnya penyakit tonsilektomi (amandel), polip (benjolan di saluran hidung), Sinusitis (peradangan di area hidung, dahi maupun tulang pipi), mastoidektomi (peradangan tulang di tenggorokan, lipoma (kutil), hernia, substitusi tumor, fibro adenoma mammae (pembengkakan payudara pada laki-laki), Cystoma (kista), myoma (hamil anggur atau kanker jinak dalam rahim), tubektomi (steril KB) dan penyakit lainnyayang dapat dikonfirmasikan dengan pihak RSUD dengan nomor telepon (0295)691444. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 7148251004587408423

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::