Pilkades Serentak, Wilayah Berpotensi "Botoh" Jadi Sorotan

Foto istimewa
REMBANG - cbfmrembang.com, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2017, akan digelar serentak di 8 desa di Kabupaten Rembang pada 06 Desember mendatang. 

Diantaranya, Desa Samaran Kecamatan Pamotan, Desa Kebloran Kecamatan Kragan, Desa Karangmangu Kecamatan Sarang, Desa Kroto Kecamatan Pancur, Desa Logong Kecamatan Sumber, dan Desa Glebek Kecamatan Sulang. Ke enam desa tersebut masing - masing diikuti dua calon. 

Sedangkan Desa Bonang Kecamatan Lasem diikuti 4 calon, serta Desa Landoh Kecamatan Sulang, di ikuti oleh 5 calon kades yang sudah ditetapkan.

KLIK UNTUK BACA:
21 Peserta Pilkades Rembang, Sepakat Damai

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Mashadi meminta semua calon bisa menjaga kondusivitas dan mengendalikan tim sukses. Selain itu, para calon, harus mewaspadai kehadiran "botoh" atau petaruh yang berpotensi mengacaukan jalannya Pimilihan Kepala Desa. 

Menurut Mashadi wilayah Rembang bagian barat seperti Kecamatan Sumber, punya potensi dihadiri para botoh dari luar Rembang. Oleh karena itu, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat TNI-Polri dan instansi terkait untuk membantu mengamankan jalannya pilkades.

"Semua Kecamatan akan kita pantau, untuk para calon saya minta harus bisa mengendalikan pendukung dan tim sukses. Ketertiban dan keamanan selama dan paska pilkades harus dijaga. Utamanya di Kecamatan Sumber, dikhawatirkan ada penjudi yang memanfaatkan momen pilkades akan kita tindak karena sudah kita koordinasikan bersama aparat" kata Mashadi saat ditemui cbfmrembang.com. 

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz saat deklarasi pilkades damai yang digelar di aula lantai 4 Kantor Bupati pada 30 November kemarin, mengarahkan agar para calon tidak mudah terpancing isu provokatif yang menimbulkan persaingan, dan menyulut permusuhan.

Ia meminta, para calon untuk menarik simpati masyarakat dengan cara yang sportif. Bukan dengan cara saling menjatuhkan, dan mencela satu sama lain.

"Sekarang itu bukan jamannya lagi, ingin menjadi baik dengan cara menjelek-jelekkan orang lain" pesan Bupati kepada 21 calon Kepala Desa yang mengikuti deklarasi pilkadesa damai 2017.

Untuk mengantisipasi pilkades berjalan lancar, aparat penegak hukum akan menindak tegas semua hal berpotensi mengganggu kelancaran pemilihan Kepala Desa. Seperti kehadiran para botoh, untuk untuk memenangkan salah satu calon Kades.

Pada Minggu pagi 03 Desember 2017, Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang bersama pihak terkait, melakukan monitoring di 8 desa penyelenggara Pilkades. Dari hasil pantauan, sampai saat ini semua masih dalam keadaan kondusif. ( ASMUI )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 6695553329148650208

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::