Tingkatkan pendapatan Petani, Kenalkan Mangga Alpukat dan Mangga Pisang

Anggota Kluter Mangga mengenalkan Mangga Alpukat dan Mangga Pisang
Kragan-cbfmrembang.com,. Tingginya potensi buah mangga di Kabupaten Rembang, perlu adanya upaya pengolahan produk sehingga nilai jualnya ikut terangkat. namun saat panen raya, dimugkinkan  tidak semua buah habis terjual sehingga menjadi rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya upaya pengolahan atau diversifikasi produk. Langkah tersebut Selain untuk mengatasi masalah panen berlimpah, upaya deversifikasi produk ini pun dapat meningkatkan pendapatan petani.

Karena hal itulah kluster mangga di Kabupaten Rembang sejak sabtu (2/12) kemarin mengadakan bazar buah mangga di Kecamatan Kragan. Rencananya Bazar buah dilaksanakan secara berkelanjutan seperti di Desa karang harjo besok tanggal (10/12).

Abdul wakhid ketua kluster mangga di Kabupaten Rembang mengatakan kluster mangga bersama dengan posyantek, Fedep dan Pemkab Rembang selain mengadakan bazaar juga akan mengadakan temu anak sekolah untuk melatih anak sekolah terkait dengan pengembangbiakan buah mangga.

“,Di Kabupaten Rembang terkenal ada bermacam-macam jenis buah mangga seperti arum manis, Blungko, Manalagi, cantel. Bahkan buah mangga saat ini yang sedang menjadi trend yakni mangga alpukat diklaim merupakan mangga asli Rembang yakni mangga arum manis dengan jenis tertentu”, Ungkap Abdul Wakhid.

Selain mangga alpukat, di bazaar buah tersebut juga diperkenalkan mangga pisang, hal itu dikarenakan cara mengupas buah mangga seperti mengupas buah pisang.

Salah satu pengurus kluster Rembang estriyo mengatakan untuk meningkatkan harga buah, kluster mangga saat ini sedang mengembangkan teknik out season atau berbuah diluar musim, sehingga pasokan buah mangga tetap terjaga, selain itu harga buah juga stabil karena buah  tidak booming saat musim buah mangga. 

Untuk pengolahan mangga, kluster mangga telah mengolah mangga menjadi berbagai jenis makanan seperti es krim, kripik, dodol dan sale . Saat ini permintaan akan hasil olahan tersebut sudah mulai banyak.( Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 4334118577369897085

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olagraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::