Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Dihimbau Waspada

Pohon disekitar pemakaman umum desa Dresi kulon tumbang menimpa sepeda onthel dan motor
KALIORI - cbfmrembang.com, Curah hujan yang tinggi sudah mulai terjadi di wialayah Kabupaten Rembang. Hingga membuat sebagian dilanda banjir, dan longsor.

Dengan demikian, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Pramujo mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa hal. Diantaranya, tanah longsor, banjir, dan pohon tumbang.

Menurutnya, beberapa titik yang punya potensi longsor adalah, kawasan pegunungan, kawasan dan masyarakat yang tinggal ditepi sungai.

"Untuk masyarakat di Kabupaten Rembang, yang perlu diwaspadai  daerah tepi sungai saat terjadinya hujan deras takut longsor, dan juga pinggir kali" jelasnya.

Sedangkan untuk tanda-tanda yang membuat pohon tumbang yaitu, akar sudah mulai kelihatan, kondisi pohon yang sudah mengalami kemiringan, dan sekitar pohon tanahnya lembab.

Jika melihat kondisi seperti ini, masyarakat perlu segera melakukan tindakan,  diantaranya melakukan pemangkasan, daun dan ranting agar tak rapuh terkena angin.

"Pohon sudah miring, akar pada kelihatan,  perlu diwaspadai dari masyarakat dan pemerintah desa untuk ditebang" tambahnya. 

Pada hari Senin 08 Januari 2018, sebuah pohon disekitar pemakaman umum Desa Dresi Kulon tumbang sekitar jam 13.00 WIB, karena sudah rapuh.

Akibatnya tiga sepeda ontel, dan satu sepeda motor jenis Yamaha jenis Alfa milik para petani, yang berada dibawahnya ringsek karena tertipa pohon besar yang sudah lapuk usia.

Kepala Desa setempat Wihananto menjelaskan, tumbangnya pohon dikarenakan memang sudah lama miring. Menurutnya, kerugian akibat kejadian ini diperkirakan Rp 500 ribu.

"Kejadian jam satu siang mas, sepeda dan motor milik petani yang sengaja ditaruh dibawahnya juga rusak itu. Saat rubuh tidak ada angin, karena pohon sudah tua" kata Kepala Desa Dresi Kulon.

Selama musim penghujan, diwilayah Kabupaten Rembang sudah beberapa kali terjadi longsor di Kecamatan Kragan dan Lasem. Sedangkan banjir, sempat terjadi karena luapan drainase, hingga membuat aktifitas belajar di SMP Negeri 02 Lasem dihentikan sementara. (  ASMUI  )
Reaksi: 

Berita Terkait

Utama 4808667929960497074

Post a Comment

------KLIK SIARAN KAMI------

.

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::