Dukung Penilaian Adipura, Dokumen Pembebasan Lahan TPA Beres

Lahan TPA Sampah diwilayah Desa Landoh yang akan diperluas, kearah selatan jumlahnya ditambah 3,5 hektar (foto:cbfmrembang.com)
REMBANG - cbfmrembang.com, Pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, untuk penambahan luasan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah diwilayah Desa Landoh sudah selesai pada tahap dokumen administrasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang Suharso pada reporter radio CB FM, pada hari Rabu (10/01/2018).

Menurutnya, tahapan selanjutnya tinggal pengukuran, dan penentuan harga tanah, yang akan ditawarkan kepada 7 warga yang menjadi pemilik kawasan yang dibebaskan.

Luasannya mencapai hampir 3,5 hektar. Sedangkan TPA yang sudah ada diperkirakan 3 hektar lebih. Maka diperkirakan jika dijumlah luas tempat pembuangan akhir sampah yang dimiliki Pemkab menjadi hampir 7 hektar. Sementara luasan tempat pembuangan akhir sampah yang ideal adalah 5 hektar.

"Tanah yang kita bebaskan hampir 3,5 hektar. Milik tujuh warga setempat. Kalau proses dokumen sudah selesai tinggal penentuan harga permeter yang akan kita tawarkan" kata Suharso saat dihubungi wartawan.

Proses penentuan harga yang akan ditawarkan kepada pemilik tanah, pihak Dinas Lingkungan Hidup melibatkan pihak ketiga.

Dalam hal ini PT Sucofindo yang menjadi mitra Pemerintah Rembang, dan ditugasi untuk menghitung harga tanah sebelum ditawarkan kepada pemilik lahan.

"Kami melibatkan PT Sucofindo, untuk menghitung harga tanah, sebelum kami tawarkan kepada pemiliknya" tambah Suharso.

Pemerintah Kabupaten Rembang menyiapkan anggaran 3,5 sampai 4 miliyar untuk pembelian tanah dalam proyek perluasan TPA. Berdasarkan informasi yang diterima cbfmrembang.com, harga tanah yang akan ditawarkan adalah Rp 75.000,- permeter persegi. 

Untuk mengantisipasi dampak limbah, yang sempat timbul perluasan lahan, DLH sudah menyiapkan empat langkah tepat guna.

Yaitu, melakukan pengurukan, menyediakan alat pengolahan, memanfaatkan gas metan, dan pengolahan lindi atau limbah cair di lokasi TPA. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7759128416973806605

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olahraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::