Tiga Rumah Korban Longsor Direlokasi

Bupati memberikan bantuan kepada korban rumah longsor warga desa Sekarsari
KALIORI-cbfmrembang, Pihak desa Sekarsari kecamatan Kaliori telah  merelokasi, tiga unit rumah warga yang berada di bantaran sungai randugunting yang terkena longsor yang disebabkan oleh hujan intensitas tinggi pada hari jum'at lalu(5/1/18). 

Tiga pemilik rumah tersebut adalah  Bapak Jayus (58) dengan jumlah jiwa 3 orang, rumah Bapak Rustam (45) jumlah jiwa 3 orang, dan rumah Bapak Radi (73) jumlah jiwa 3 orang. 

Kepala Desa setempat Triyono Andi Asmoro mengatakan, pihak desa  memutuskan,  merelokasi tiga rumah yang terancam longsor, yakni tanah yang digunakan merelokasi merupakan tanah milik desa.

"Pihak desa masih ada tanah "Bang" yang dulu pernah digunakan waktu pernah banjir bandang, dan cukup untuk ditempati tiga rumah, tepanya dibelakan SDN sekarsari 2" tambahnya.

Proses pemindahan tiga rumah warga itu sudah diagendakan pada hari Minggu lalu 07 Januari 2018, dan Pihak desa setempat sudah berkoordinasi dengan muspika Kecamatan. 

Sementara itu Pemkab Rembang kemarin malam (8/01) mengunjungi korban longsor di Desa Sekarsari kecamatan Sumber,. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Abdul hafidz menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai sebesar Rp. 2,5 Juta kepada masing-masing kepala keluarga. Ditambah   uang Rp. 5 Juta dari dana sosial kemanusiaan melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dalam kunjungannya mengatakan, pihaknya ingin semua masyarakat aman dari bencana. Pemkab akan membantu memperbaiki rumah korban yang mengalami kerusakan agar pemilik rumah bisa  menempatinya kembali.

“,Untuk tanah yang longsor nantinya akan dibuat tebing untuk menahan struktur tanah yang labil. Dan untuk pengerjaannya akan dimulai kurang 4 bulan. Makanya ini nanti Pemkab akan menata tebing  sepanjang kurang lebih 80 Meter, biar dikemudian hari bermanfaat bagi warga ," ujarnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat khususnya dikawasan rawan bencana untuk berhati-hati. Pasalnya masih banyak dijumpai rumah warga yang menyalahi aturan pembangunan rumah yang harusnya berjarak minimal 6 Meter dari bantaran sungai.

"Pemerintah itu sebenarnya sudah menetapkan bantaran sungai dengan rumah itu mestinya berjarak 6 Meter, oleh karena itu saya berharap yang akan-akan dating ini jangan sampai mendekati bantaran sungai paling tidak ada jarak 6 Meter," tuturnya.

Bupati juga  mengucapkan terimakasih terhadap masyarakat Sekarsari,  Camat, Kepala Desa beserta jajarannya, semua warga serta Jajaran TNI- Polri yang sudah peduli untuk membantu warga yang sudah terkena musibah longsor, guyub dalam bekerjasama.(Mufti affandi )

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 4219298390569992640

Post a Comment

Daerah

-----KLIK SIARAN KAMI------

Pariwisata

Politik

Archive

Olahraga

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::