Selain Cantrang, Kapal Mini Diduga Menyalahi Aturan

foto simulasi cbfmrembang.com (istimewa)
REMBANG - cbfmrembang.com, Ditengah hangatnya soal pelarangan cantrang, nelayan kapal mini juga disebut - sebut menyalahi aturan.

Lastari Priono seorang nelayan cantrang mengatakan, selain kapal yang menggunakan cantrang, kapal mini jenis porsin juga sama.

Pasalnya, sesuai dengan aturan, nelayan kapal mini tidak perbolehkan menggunakan mata jaring dibawah 2 inci. Namun kenyataannya, hal itu berbeda jauh saat dilautan. Konon, jaring yang digunakan oleh para nelayan kapal mini diduga tidak ada satu inci.

"Yang pertama mata jaring 2 inci, tapi yang digunakan kurang, dan bahkan kurang dari satu" kata Lastari.

Selain mata jaring, kata Lastari Priyono, dibawah 10 GT itu, menggunakan alat bantu penangkap ikan, seperti lampu yang tak sesuai sudah yang diundangkan.

Ia membeberkan, dalam aturan Permen KP no 71, lampu yang diperbolehkan sebagai alat bantu penamkapan ikan, hanya 60 watt, setiap kapal. Saat dilautan,  para nelayan menggunakan lampu puluhan ribu watt.

"Terus masalah lampu, kalau untuk nelayan porsen saat berlayar, mereka menggunakan lampu lebih dari ribuan watt. Aturannya kan tidak boleh" kata nelayan cantrang saat dihubungi cbfmrembang.com.

Para nelayan, menggunakan lampu sebagai alat bantu untuk memudahkan saat menangkap ikan. Semakin besar lampu yang terpasang, maka semakin banyak ikan yang terkumpul. ( ASMUI )
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8919816538476970479

Post a Comment

------KLIK SIARAN KAMI------

.

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::