15 Parpol Dinyatakan Memenuhi Syarat

Rapat Pleno KPUK Rembang umumkan 15 parpol calon peserta pemilu 2019 memenuhi syarat

REMBANG-cbfmrembang.com- Sebanyak 15 Partai Politik telah memenuhi semua persyaratan administrasi dan verifikasi faktual parpol calon peserta pemilu tahun 2019. Hal itu terungkap saat rapat pleno terbuka di hotel Gajah Mada Rembang, Kamis (8/2/2018).

Komesioner KPUK Rembang Divisi Hukum Maftukhin menerangkan pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum awalnya hanya mengatur verifikasi parpol calon peserta pemilu dan berlaku untuk semua parpol. Selanjutnya ada ketentuan dari KPU bahwa untuk parpol baru harus dilakukan verifikasi faktual.

'Namun baru saja selesai dilaksanakan ternyata kemudian ada gugatan ke MK yang memutuskan dua belas parpol lama juga harus diverifikasi faktual," jelasnya.

Tentu KPUK Rembang harus memenuhi hal tersebut sambung Maftukhin dan sesuai dengan jadwal pelaksanaan selama 3 hari (30/1-1/2) dapat diselesaikan. Meliputi pengecekan kesesuaian alamat sekretatiat atau kantor DPD/DPW/DPC ke 12 parpol lama, keterwakilan 30% pengurus wanita dan sampling keanggotaan, namun untuk 2 parpol yaitu PKPI dan PBB ada permasalahan. 

"PKPI diketahui baru saja terbit SK pergantian pengurus DPC dan belum diserahkan ke KPUK Rembang, sedangkan PBB juga ada pergantian pengurus dimana absensi kehadiran pengurus baru belum lengkap, keterwakilan tiga puluh persen pengurus wanita belum dapat dihadirkan berikut sampling keanggotaan belum komplit," ungkapnya.

Lanjut Maftukhin dua parpol tersebut diberi waktu hingga tanggal 5 Februari untuk perbaikan. Hingga waktu yang ditentukan ternyata PKPI dan PBB memenuhi semua persyaratan yang ada.

"Hingga batas waktu yang ditentukan ternyata dipenuhi sehingga pada rapat pleno dinyatakan memenuhi syarat bersama parpol lain yang ada di wilayah setempat," tuturnya.


Adapun 12 parpol lama calon peserta pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Rembang yaitu PPP, Demokrat, PKB, PDI-P, Gerindra, Golkar. Kemudian Hanura,  PAN, PKS, Nasdem, PKPI dan PBB. Sedangkan Parpol baru yaitu Perindo, Garuda dan Berkarya. (Heru/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8318887921883066258

Post a Comment

-----KLIK SIARAN KAMI------

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::