Cagub dan Cawagub Ditetapkan, KPU Kabupaten Tunggu Aturan Kampanye

Lurah dan  Kades serta perangkatnya tandatangani ikrar siap netral dalam Pilgub

REMBANG-cbfmrembang, KPU Provinsi Jawa Tengah kemarin menetapkan dua paslon maju dalam Pilkada Gubernur Jateng tahun 2018 yaitu Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah. Untuk kampanye akan dimulai Kamis besok (15/2/2018) yang kini tengah disusun alokasi waktu dan aturan pelaksanaan maupun pelaporan susunan tim kampanye paslon mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Maftukhin selaku Komisioner KPUK Rembang Divisi Hukum saat dihubungi CBFM Selasa (13/2) menginformasikan pihaknya menunggu informasi terkait susunan tim, jadwal dan aturan pelaksanaan kampanye. Karena pilkada pada intinya merupakan hajat dari KPU Provinsi.

"Mereka yang mengatur semua, kita hanya sebatas melaksanakan sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku," terangnya.

Disinggung aturan penggunaan sosmed untuk media kampanye, Maftukhin menyebutkan hal tersebut akan dibatasi oleh KPU Provinsi. Baik milik masing-masing paslon dan dari tim kampanye.

"Tentu ada pembatasan dan sifatnya resmi , nanti KPU provinsi yang mengatur." 

Terpisah, Amin Fauzi selaku Komisioner Panwaslu Kabupaten Rembang Divisi Penindakan Pelanggaran menegaskan netralitas Kepala Desa dan Perangkat Desa adalah harga mati dalam Pilgub meski memiliki hak politik bisa dipilih dan memilih pada pesta demokrasi.

"Regulasi Pilkada telah berubah setelah Presiden Joko Widodo pada 1 Juli 2016 lalu telah mengesahkan Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. Kades tak netral terancam hukuman pidana hingga 6 bulan," terangnya.


Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke seluruh Kades terkait netralitas. Usai sosialisasi juga dilakukan penandatanganan ikrar netralitas diikuti seluruh Kades. (Heru/Mifta)
Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7949332928957359125

Post a Comment

-----KLIK SIARAN KAMI------

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::