2019 Bendung Kedungsapen Dikeruk

Bendung Kedungsapen, desa Jatihadi, kecamatan Sumber yang sudah mulai dangkal

SUMBER-cbfmrembang.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang diminta tidak hanya memberikan alat mesin pertanian (alsintan) ke petani melalui kelompok tani namun bisa membuatkan sumber-sumber air. Pasalnya, persawahan di kabupaten Rembang, didominasi sawah tadah hujan.

Hal itu disampaikan oleh Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Rembang, Joko Suprihadi, saat kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan kabupaten (musrenbangkab), di gedung DPRD setempat, baru-baru ini.

Joko Suprihadi mengatakan bidang pertanian sebagai penyumbang 30 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kabupaten Rembang. Sehingga Pemkab diharapkan membuatkan sumber-sumber air yang bisa mengairi lahan pertahian ketika musim kemarau airnya. 

"Sangat perlu pembuatan sumber-sumber air yang sangat besar sekali atau dam-dam sungai yang bisa dikondisikan ketika musim hujan bisa menampung air hujan, tidak lari ke laut. Namun ketika musim kemarau bisa mengairi lahan pertanian," terangnya.

Menanggapi hal itu Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengungkapkan Pemkab berkaitan dengan pertanian sudah mendorong kepemilikan alsintan, perbaikan irigasi, jalan pertanian, dan lainnya. Memang perlu adanya embung besar untuk mendukung ketersediaan air, dan Pemkab telah mengusulkan pengerukan bendung Kedungsapen.

“Kami telah mengusulkan pengerukan Bendung Kedungsapen, desa Jatihadi, kecamatan Sumber kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 

melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana sehingga kelancaran arus air dari Bendung Kedungsapen ke Kaliori menjadi lancar dan lebih baik. Hasilnya telah disetujui pada tahun 2019.”

Bupati menambahkan Pemerintah Pusat saat ini juga membangun waduk berukuran raksasa di sekitar Desa Kalinanas Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Air dari waduk itu nantinya akan menggelontor ke Sumber, Kaliori dan sekitarnya.(Masudi/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 2085650714731139640

Post a Comment

------KLIK SIARAN KAMI------

.

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::