Pemkab Diminta Sediakan 37 Hektar Lahan Pertanian

Rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah (RTRW) diaula lantai 4 Kantor Bupati Rembang

REMBANG - cbfmrembang.com, Pemerintah Kabupaten Rembang diminta untuk menyediakan 37 ribu hektar untuk Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) oleh Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Sekda Rembang Subakti Jum'at kemarin dalam rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah (RTRW) di lantai empat kantor Bupati Rembang.

Menurut Subakti, lahan pangan pertanian yang berkelanjutan diatur dalam undang-undang. Namun hal itu sering kali berbenturan dengan kebijakan yang ada.

Ia mencontohkan, Pemerintah Jawa Tengah membuat Perda sawah lestari pada kebijakan LP2B, namun hal itu dianggap membenturkan pemerintah kabupaten dengan masyarakat saat akan mengajukan izin pemanfaatan ruang.

"Undang-undang mengatur lahan pangan pertanian berkelanjutan. Kalau di Provinsi Jawa Tengah ada Perda sawah lestari, itu sering kali membenturkan kami dengan masyarakat mana kala yang bersangkutan melakukan izin pemanfaatan ruang. Di undang-undang tata ruang 26 tahun 2007 maupun PP Juklaknya PP 15 2010 tentang penyelenggaraan tata ruang bahwa setiap usaha yang memerlukan ruang wajib memiliki IPR, yang terdiri dari ijin prinsip, lokasi, IPPT, serta ijin lainnya" kata Subakti.   
Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Rembang berharap, dalam pembahawasan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah 2018, dapat dilakukan dengan baik, tanpa ada benturan antar kepentingan dan kebijakan. (Asmui/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 8430446722774757740

Post a Comment

------KLIK SIARAN KAMI------

.

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::