Tak Sembarang Warung Bisa Jadi E-Warung Pencairan BPNT

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos PPKB Kabupaten Rembang Dwi Martopo

REMBANG – cbfmrembang.com, E-Warung sebagai tempat pencairan voucher Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak bisa asal-asalan ditunjuk. Penunjukan E-Warung dipilih yang benar-benar memenuhi kriteria.

Kabid Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang Dwi Martopo kepada reporter CBFM mengatakan, Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki untuk warung bisa ditunjuk menjadi E-Warung, setidaknya warung tersebut benar-benar ada dan berfungsi sebagai warung.- Insert 12 April 18 E-Warung 1

“E-Warung itu setidaknya harus benar-benar ada  dan mempunyai fungsi warung (bukan warung abal-abal), ada saluran listrik, ada jaringan internet semua operator, mempunyai ruang yang memadai untuk menyimpan stok barang, dan menjual komoditi lain tidak hanya beras dan telur. Setelah approval dan warung yang direkomendasikan benar-benar valid selanjutnya warung yang ditunjuk akan mendapat bintek dari pihak perbankan mitra penyaluran BPNT.” terangnya

Beliau juga mengatakan, karena syarat E-Warung harus benar-benar dalam bentuk fisik dan fungsi sebagai warung maka pihak desa tidak perlu memaksakan diri untuk membuat E-Warung. Pengelolaan E-Warung dalam BUMDes pun juga tidak disarankan kecuali BUMDes memang sudah mempunyai usaha pertokoan.

“Kalau BUMDes wacananya sebenarnya dimungkinkan sepanjang BUMDes punya layanan pertokoan. Kalau tidak punya pertokoan dikhawatirkan memaksa. Selain itu, E-Warung itukan juga diharapkan untuk mensupport pemberdayaan ekonomi masyarakat sehingga alangkah lebih baiknya langsung ke warung milik mayarakat desa yang sudah ada saja,” tandasnya.

Dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memperoleh voucher. Satu voucher bernominal Rp.110.000/bulannya. Nilai ini hanya bisa dicairkan di E-Warung dalam dua komoditas yaitu beras dan telur. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam bulan April masih tahap approval dan rencananya akan mulai diaplikasikan bulan Juni 2018. (Ita/Mifta)

Reaksi: 

Berita Terkait

Terbaru 7073930422622658346

Post a Comment

------KLIK SIARAN KAMI------

.

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::