Wanita harus Ambil Peran Dalam Upaya Meningkatkan Konsumsi Ikan

-- --
Kader PKK serius simak materi sosialisasi


Rembang-Sektor kelautan dan perikanan mempunyai andil besar dalam penyediaan sumber protein dan pemenuhan gizi kepada masyarakat yang bermuara mencetak sumberdaya manusia berkualitas. Bahkan jika sektor perikanan dioptimalikan diyakini turut berperan dalam perwujudan kedaulatan pangan.
 
            Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang pada  acara sosialisasi gerakan gemar makan ikan di aula setempat, (26/11) yang diikuti Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan kelompok wanita nelayan. Sambung Suparman bahan baku ikan di Rembang sangat melimpah namun belum diolah secara maksimal sehingga mempengaruhi tingkat konsumsi ikan yang baru terdata 28 kilogram per kapita sedangkan patokan skala nasional sebesar 34 kilogram per kapita.

Suparman sebutkan daging ikan merupakan bahan konsumsi super karena penuh gizi, kaya akan protein dan dijamin tidak menyebabkan kolesterol sebab tidak mengandung lemak tak jenuh yang mengganggu kesehatan. Sementara itu saat ini makanan yang menguasai pasar cenderung berbentuk instan dan diolah menggunakan zat kimia, sehingga harus ada kreasi pengolahan ikan menjadi aneka kudapan yang disajikan setiap hari dalam keluarga yang kedepan memberikan dampak positif bagi anak untuk tumbuh sehat dan cerdas. 

Ditambahkan, banyak manfaat lebih yang diperoleh bila memilih ikan sebagai bahan baku makanan, dari sisi ekonomi pastinya harga ikan lebih murah dibanding daging sapi dan ayam, kemudian mudah diperoleh serta tersedia dalam berbagai jenis. Tinggal menyisakan menambah pengetahuan dalam pengolahan menjadi kuliner yang menarik selera dan dikemas semenarik mungkin untuk meningkatkan animo warga tertarik mengonsumsinya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang, Haziroh Hafidz dalam arahannya menyebutkan wanita memegang peranan penting dalam upaya membuat tingkat konsumsi ikan di wilayah Rembang semakin meningkat pada tahun-tahun mendatang. Dalam hal ini harus didukung dengan ketrampilan meracik menu makan sehari-hari, khususnya bila menggunakan daging ikan sebagai bahan bakunya sekaligus menjadi upaya menghilangkan kebiasaan mengonsumsi jajanan yang tak memenuhi standar kesehatan, beralih pada hasil kreasi sendiri tanpa bahan kimia jenis non kimsumsi. 

            Lanjut Haziroh Hafidz, pihaknya meminta Dinlutkan  aktif memberikan pelatihan pengolahan ikan kepada kader PKK agar memiliki tambahan pengetahuan dalam membuat kreasi aneka kudapan katagori makanan sehat yang disajikan kepada anggota keluarga.
( heru )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::