Dua Sekolah Bersiap Jelang Verifikasi Penyelenggara UN CBT

-- --
SMk UFA uji Coba Try Out Metode CBT

Kepsek SMKN 1 Rembang Singgih daryanto optimis lolos verifikasi UN CBT


Rembang-Jajaran dua sekolah yang menyatakan sanggup sebagai penyelenggara Ujian Nasional (UN) tahun ini bermetode Computer Based Tets (CBT) atau online yaitu SMKN 1 Rembang dan SMK TI Umar Fatah, meningkatkan kesiapan menjelang verifikasi yang dijadwalkan berlangsung selasa(24/2) mendatang. Perawatan sarana dan prasarana yang disyaratkan terus dijaga agar tidak menjadi kendala sehingga ditetapkan lolos menggelar UN CBT.

Kepala SMKN 1 Rembang, Singgih Darjanto menjelaskan semua persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan telah dipenuhi oleh pihak sekolah, oleh karena itu dirinya optimis lolos verifikasi, pasalnya dari syarat pertama ketersediaan komputer dengan ketentuan 1 unit berbanding 3 anak didik disebutnya tak ada permasalahan. 

Siswa kelas 12 peserta UN di SMKN 1 Rembang berjumlah 421 siswa, bila mengacu ketentuan yang berlaku maka sedikitnya harus tersedia 140 unit komputer, sedangkan sekolah memiliki komputer dan siap digunakan untuk CBT mencapai 197 unit.

Untuk syarat berikutnya yakni kecepatan akses internet juga tak ada problem sebut Singgih, dari batasan minimal 1 MBps justru di SMKN 1 Rembang terpasang perangkat berkecepatan 10MBps. Adapun untuk pasokan tenaga listrik yang dikhawatirkan sebagai salah satu kendala karena sewaktu-waktu dapat mengalami gangguan dan mati, hal ini tidak dirisaukan olehnya, karena sekolah memilki genset yang menghasilkan tenaga listrik cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh perangkatkomputer saat digelar CBT. 

Disinggung apakah CBT sudah disosialisasika kepada seluruh siswa kelas 12, komite sekolah dan para orang tua/wali, Singgih sampaikan hal tersebut sudah dilakukan, namun demikian untuk menghindari agar tidak ada friksi antar semua pihak tadi dengan sekolah, dirinya akan membuat perjanjian tertulis. Berisi kesepakatan bersama menyetujui menggelar UN CBT sehingga tidak akan saling menyalahkan bila di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dilakukan setelah mendapat kepastian lolos verifikasi.

Terpisah, Kepala SMK TI Umar Fatah Nur Rohman mengatakan hal senada bahwa semua persyaratan telah dipenuhi sehingga juga optimis lolos verifikasi. Adapun bentuk kesiapan serius yang telah dilakukan oleh sekolah tak hanya merawat perangkat yang dibutuhkan saja melainkan telah melaksnakan try out bermetode CBT. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil kecepatan internet, mengetes server yang disipakan sekolah serta mengenalkan siswa sedini mungkin terhadap CBT sehingga tidak akan mengalami kendala apabila nanti memang mengerjakan UN dengan metode tersebut. ( heru )



Post a Comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::