PNPM selesai aset perlu diselamatkan

-- --
Sosialisasi hukum di KPRI Rejeki kaliori


Kaliori-Setelah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dihentikan oleh pemerintah, namun asetnya perlu diamankan. Hal itu disampaikan oleh camat Kaliori- Mustholih dalam kegiatan sosialisasi hukum bagi pelaku PNPM dan Kelompok Simpan Pinjam Khusus Kelompok Perempuan (SPP)/ Usaha Ekonomi Produktif (UEP), di KPRI Rejeki, kemarin  (16/4).

            Mustholih mengatakan aset PNPM kecamatan Kaliori senilai 7 milyar rupiah lebih harus tetap diamankan. Pasalnya PNPM sudah selesai, namun program pemberdayaan masyarakat masih tetap berlanjut. Sehingga diharapkan para pelaku PNPM melakukan  pelanggaran  sehingga bisa terjerat masalah hukum. 

Mustholih mengharapkan agar kasus-kasus hukum yang menimpa pelaku-pelaku PNPM di kecamatan lainnnya tidak sampai terjadi di kecamatan Kaliori. 

Ditambahkan, saat ini dalam program SPP/UEP terdapat tunggakan sekitar 500 juta rupiah sudah ditangani  dengan tim verifikasi dan tim pengawas.

            Mustholih mengajak agar menghilangkan anggapan bahwa PNPM merupakan bagian dari hibah masyarakat sehingga tidak perlu dikembalikan uangnya. Perlu diingat dalam PNPM ada aturan dan petunjuk pelaksanaan bahwa peminjam sebelum meminjam sudah ada perjanjian hitam di atas putih.

            Ketua panitia- Zainudin mengungkapkan, digelarnya sosialisasi hukum agar ada pemahaman yang sama antara tim PNPM kecamatan Kaliori dengan pelaku PNPM di tingkat desa sehingga melahirkan kegiatan-kegiatan program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

            Zainudin yang juga ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) kecamatan Kaliori menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi hukum dengan peserta kepala desa dan ketua kelompok SPP/UEP menghadirkan pemateri dari Kepolisian resort (Polres) rembang dan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) kabupaten Rembang.( Masudi )


Reaksi: 

Post a comment

Radio Online

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::