Berbahaya, Goa Kare Ditutup Sementara

-- --
Tampak retakan pada dinding Goa Kare

Tim melakukan pengkajian Goa Kare


Pamotan – Goa Kare yang sedang menjadi primadona akhir – akhir ini memang perlu mendapat perhatian khusus, pasalnya goa karst yang terletak di wilayah perbukitan sebelah timur desa Pamotan kecamatan Pamotan ini belum bisa dinikmati pesonanya mengingat kondisi goa yang belum memenuhi standar keamanan.

Dikatakan oleh Suyanto asisten perhutani (asper) bahwa setelah dilakukan pengkajian dalam goa oleh pihak perhutani, ternyata kondisi dalam goa sangat berbahaya. Tampak dinding – dinding goa yang retak dan rawan runtuh sewaktu-waktu.

Dengan demikian pihaknya saat ini melakukan plangisasi pelarangan memasuki kawasan goa kare yang disinyalir berbahaya tersebut. Dikatakan, setelah goa kare marak diperbincangan melalui berbagai media membuat banyak orang baik dalam daerah maupun luar daerah tertarik untuk berkunjung ke sana. 

Agus Joko Winarno misalnya, salah satu pengunjung dari desa Pamotan sendiri mengaku baru mengetahui keberadaan goa kare dan memutuskan untuk mengisi liburan dengan berkunjung ke goa kare bersama keluarganya. Ia yang biasanya mengisi liburan dengan mudik ke kota asalnya, Ponorogo, kali ini lebih memilih ke goa kare atas permintaan anaknya. 

Agus yang hanya menikmati kemolekan goa sebatas di mulut goa saja mengaku mendukung adanya plangisasi oleh pihak perhutani. Menurutnya, jika memang goa kare membahayakan dengan adanya plangisasi dapat mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Plangisasi dan himbauan untuk tidak berkunjung ke goa kare masih terus dilakukan hingga waktu yang belum bisa dintentukan. Mengingat goa kare belum memenuhi standar keamanan dan belum dilegalkan sebagai destinasi wisata.

Sementara informasi yang didapat dari cerita warga, sejak 35 tahun silam sudah ada 4 korban meninggal di goa kare saat melakukan aktivitas tambang di sana. (ita)


Reaksi: 

Post a comment

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::