Apel Siaga Menyongsong Sensus Ekonomi 2016

-- --
Perwakilan SE membacakan palta Integritas di depan Bupati/wakil Bupati dan kepala BPS Rembang

Pelepasan balon menandakan SE 2016 dimulai


Rembang – Sebagai wujud kesiapan pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang menggelar Apel Siaga Sensus Ekonomi 2016 di pendopo museum kartini hari ini. (18/3) Apel siaga diikuti oleh seluruh petugas SE yang berjumlah 519, dengan rincian 386 petugas PCL (Pencacah Lapangan) dan 133 petugas PML (Pengawas Lapangan). Apel siaga juga dihadiri oleh Bupati Rembang dan SKPD terkait.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang Moh. Saichudin di sela acara mengatakan, apel siaga  dimaksud untuk memperkokoh komitmen petugas bekerja sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP) digelar dengan pembacaan pakta integritas oleh seluruh pegawai BPS maupun calon petugas SE 2016. Selanjutnya petugas  menandatangani kontrak dengan BPS bahwa sanggup melaksanakan tugas sebagai petugas SE sampai kegiatan selesai. 

 Disebutkan Saichudin, Sensus Ekonomi adalah kegiatan rutin BPS yang digelar 10 tahun sekali. Tujuannya adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian. Nantinya data tersebut akan dijadikan landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan.

Ditambahkan, Indikasi data yang akan diperoleh dari SE mulai dari jumlah perdagangan, omset usaha, jumlah tenaker, dan sebagainya. Dari data terebut dapat diketahui bagaimana level dan struktur ekonomi di Rembang, karakteristik usaha, daya saing usaha, serta mengantisipasi implementasi kawasan perdagangan bebas masyarakat ekonomi ASEAN.

Sementara Bupati Rembang Abdul Hafidz menghimbau agar petugas SE 2015 dapat menajalankan tugasnya dengan jujur. Karena nantinya hasil sensus akan dijadikan acuan pengambilan keputusan, maka keakuratan data hasil sensus sangat dipentingkan. Diharapkan, petugas dapat bekerja sesuai SOP. 

Selain itu, pihaknya juga mengajak bagi masyarakat Rembang yang menjadi responden dapat memberikan informasi yang sebenar-benarnya kepada petugas yang mendatanya. Diharapkan, responden akan terbuka dalam memberikan informasi dan tidak mengkhawatirkan terjaminnya kerahasiaannya, karena dari pihak BPS sendiri tidak mengumpulkan data secara personal melainkan rekapitulasi persatuan blok, kecamatan, maupun kabupaten. 

SE 2016 akan mulai dilaksanakan tanggal 1 Mei sampai 31 Mei 2016. Sebelumnya petugas akan mendapat pelatihan yang akan digelar pada bulan April mendatang ( warih Puspita arum ).

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::