Bentuk Kelompok perlindungan anak berbasis masyarakat

-- --


 Lounching LPAR oleh Wabup didampingi kepala BPMPKB dan   program manajer Plan Internasional PU Rembang

Wakil bupati Rembang Bayu Andriyanto Beri Sambutan Dalam Lounching LPAR

           Rembang – Meskipun Rembang sudah menyandang gelar kabupaten layak anak sejak tahun 2011, namun kekerasan terhadap anak masih rentan terjadi. Apalagi jika isu tersebut dianggap tanggungjawab pihak tertentu. Padahal, perlindungan anak merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah, masyarakat, tokoh agama, dan keluarga. Selama ini pemerintah cenderung berjalan sendiri-sendiri di sektor masing-masing, maka perlu adanya peningkatan sinergitas dalam perlindungan anak.

Sopyan, ketua Lembaga Perlindungan Anak Rembang (LPAR) dalam lounching LPAR (29/3) di hotel fave mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan  melindungi hak anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Dikatakan,salah satu solusi untuk menekan kekerasan pada anak bisa dengan membentuk kelompok perlindungan anak berbasis masyarakat mulai dari tingkat paling bawah yaitu desa. 

Pelibatan anak-anak dalam antisipasi kekerasan terhadap anak juga sangat penting. Hingga kemudian dibentuklah forum anak desa di semua desa yang ada di kabupaten Rembang, dan disatukan dalam forum anak Rembang di tingkat kabupaten. 

Wakil bupati Rembang Bayu Andriyanto. Saat menghadiri kegiatan mengatakan, proses untuk mewujudkan kabupaten Rembang yang terbebas dari kekerasan anak bukan hal yang mudah dan prosesnya sangat panjang. Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan mengintegrasikan hak anak ke dalam setiap kegiatan pembangunan mulai dari perencanaan, penyusunan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

Dikatakan, isu tentang anak sangatlah kompleks. Masalah anak sudah jelas disebutkan dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebut mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu bisa terwujud dengan cara memberikan pola asuh dan edukasi yang tepat bagi anak. Tentu akan ada banyak pihak yang terlibat di sana mulai dari keluarga, masyarakat, dan pemerintah.(Warih puspita arum)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::