Budayakan gemar baca Gelar Festival Egrang

-- --


Peserta lomba lukis egrang terlihat serius menuangkan warna berharap merebut gelar juara

Rembang-Word Book Day (WBD) atau hari buku dunia menjadi ritual rutin tahunan sebagai ajang kampanye untuk mengingatkan masyarakat, pemerintah dan multi stake holder, akan pentingnya buku, membaca dan mencerdaskan masyarakat. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang mengikuti perayaan ini namun Yayasan Pengembangan Perpustakaan  Indonesia (YPPI) rutin mengadakan peringatan dengan berbagai aktivitas bersama relawan dan seluruh pendukungnya.

Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Elektronik Kabupaten Rembang Edi Winarno menjelaskan tahun ini YPPI di Rembang mencoba melakukan perayaan WBD dengan kegiatan fokus menghidupkan permainan tradisional sebagai awal masuknya budaya baca, bertempat di kawasan alun-alun Rembang  Minggu (20/3) menggelar festifal egrang .

Menurut Edi pada momen WBD tahun ini juga terbentuk komunitas Rembang Membaca, adapun lomba lukis egrang diperuntukkan siswa sekolah mulai tingkat SD, SMP, SLTA. Dilanjutkan dengan lomba egrang terdiri, keindahan egrang, dan kecepatan egrang untuk umum dijadwalkan tanggal 10 April dan acara puncaknya tanggal 24 festival egrang sebagai peringatan Hari Buku Dunia (WBD).

Menurut Edi perhatian dan dukungan pemerintah menjadi faktor penting untuk keberlanjutan kegiatan ini sebagai media kampanye pembudayaan minat baca sebagai pintu masuknya masyarakat Rembang yang cerdas berkualitas. Rembang Membaca adalah bentukan Perpustakaan Kabupaten Rembang bersama YPPI yang anggotanya terdiri dari Ikatan Pustakawan Indonesia, dosen, remaja, penggiat buku, taman bacaan masyarakat,
seniman, guru, dan berbagai kalangan.

Untuk itu pihaknya minta dukungan semua pihak untuk terlibat merealisasikan keinginan menumbuhkan kebersamaan dalam membudayakan dan meningkatkan minat baca menuju Rembang Cerdas. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::