Disayangkan Tidak ada kompensasi Pengalihan jalan

-- --


Kondisi Jembatan Desa pamotan mendesak dibongkar

       Pamotan – Guna mencegah kelumpuhan jalur transportasi akibat pembongkaran jembatan utama kecamatan Pamotan, maka pihak dinas perhubungan kabupaten Rembang berencana menyiapkan jalur allternatif untuk kendaraan yang hendak melintas.

Terkait rencana pengalihan jalan ada dua jalan desa Pamotan yang akan menjadi jalur alternatif khusus bagi kendaraan pribadi, yakni jalan dukuhan Mudal untuk kendaraan dari jalur utara, dan jalan dukuhan Dalor  tembus balai desa untuk kendaraan dari jalur timur dan selatan.
          
 Menanggapi hal itu, Abdul Ro’uf kepala desa Pamotan mengatakan, pada dasarnya pihak desa sangat mendukung proyek pembongkaran jembatan mengingat pentingnya kelancaran mobilisasi jangka panjang. Namun desa menyayangkan, karena dari pihak pemborong tidak menyenggol masalah pemberian kompensasi pada desa setempat.

Padahal demi kelancaran proyek dan terjaminnya keselamatan warga seharusnya ada beberapa langkah preventif yang mesti dilakukan seperti pembuatan plang dan rambu – rambu pengalihan jalan.

Selain itu juga terkait kondisi jalan alternatif, tentu akan ada penambahan volume kendaraan yang melintas. Jika terjadi kerusakan akan menjadi tanggungjawab siapa, karena sampai saat ini pihak desa belum mendapat kepastian. 

 Mengingat jalan alternatif merupakan jalan kampung dan banyak anak, maka harus diperhatikan juga terkait keselamatan anak-anak.

Khori’ah kadus 1 sekaligus warga dukuh Mudal mengatakan, kalaupun tidak ada pilihan lain untuk pengalihan jalan maka warga mengharapkan akan ada sosialisasi dan himbauan kepada warga untuk menjaga anak-anak agar tidak bermain di jalan. 

Apalagi di jalan yang akan dijadikan jalur alternatif itu ada beberapa sekolah yang notabene ramai anak seperti TK Mudal, dan dua madrasah diniyah.

Sebelumnya  Kepala Bina Marga Jateng Wilayah Pati, Rudi Wijiasmanto menyatakan, pembongkaran jembatan Desa Pamotan masih harus menunggu pemindahan jaringan pipa milik PDAM Rembang. Sedangkan terkait  Soal kompensasi penggunaan jalan kampung untuk kendaraan kecil, pihaknya  tidak bisa memberikannya dengan alasan  tidak terdapat dalam penawaran.  (Warih Puspita arum)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::