Kepengurusan FKDM desa di Kaliori dikukuhkan

-- --


Sekretaris FKDM kecamatan Kaliori- Sudirman mengukuhkan kepengurusan FKDM tingkat desa

Kaliori - Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat desa di wilayah kecamatan Kaliori kemarin dikukuhkan. Pengukuhan ratusan pengurus FKDM dari 23 desa itu dipimpin oleh sekretaris FKDM kecamatan Kaliori- Sudirman bertempat di pendopo kecamatan setempat.

Sekretaris FKDM kabupaten Rembang- Dahlan mengatakan FKDM dibentuk berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 12 tahun 2006 tentang kewaspadaan dini di daerah,  dimaksudkan dengan adanya desa membangun diperlukan kondusifitas di wilayah masing-masing. Dengan harapan kalau desa sudah kondusif, maka kecamatan hingga tingkat nasionalpun kondusif. 

Dahlan yang juga kepala desa Pranti, kecamatan Sulang itu menambahkan, dimana Kewaspadaan Dini Masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiapan dan antisipasi masyarakat  dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia.

Dahlan menjelaskan tugas FKDM tingkat desa yaitu menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

Selain itu tugas lainnya memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi kepala desa,mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.

Sementara kasi politik dalam negeri dan hubungan antar lembaga kantor kesbangpollinmas kabupaten Rembang- Adiningsih mengungkapkan tugas utama FKDM adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini demi menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional serta keutuhan negara kesatuan republik Indonesia. ( Masudi )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::