Penyerapan Anggaran Rendah Terancam Sanksi

-- --
Bupati Abdul Hafidz memberi pengarahan pada  sidak apel pagi di Dinas pertanian dan kehutanan

Bupati dan wakil Bupati sidak di kantor Dintanhut


Rembang-Pemkab Rembang baru-baru ini mendapat surat teguran dari Kementerian PertanianTerkait Penyerapan anggaran di Dinas Pertanian Kabupaten Rembang yang masih dibawah lima persen. jika tidak ada langkah-langkah konkrit dari Pemkab Rembang maka Kabupaten Rembang akan mendapat punishment (sanksi) dari Kementan RI.

            Hal tersebut disampaikan  Bupati H. Abdul hafidz saat sidak di Dinas Petanian dan Kehutanan (Dintanhut) Kabupaten Rembang bersama Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, BKD, Inspektorat dan Bagian Humas Setda Rembang, senin pago (28/3).

Bupati  menganggap Kalau hanya soal teguran tidak mempermasalahkan, justru  kalau nanti ada pemotongan anggaran ini bisa membuat Pemkab kelabakan, karena kegiatan yang  sudah kita rencanakan, sudah kita sosialisasikan tiba-tiba dipangkas, langkah  ini harus bisa kita hindari.

             Bupati berharap mulai dari Kepala Dinas, Kabid hingga Kasi dan Staff di dintanhut untuk sinergi dan ada keseragaman pemahaman terkait kegiatan-kegiatan yang ada baik sistem maupun pelaksanaanya di Dintanhut.

            Terkait Masalah kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang konstruksi yang menjadi salah satu kendala di Dintanhut, Bupati meminta agar ini tidak menjadi hambatan karena bisa memanfaatkan tenaga konsultan dari luar. Terkait biaya bisa menggunakan dana tak tersangka untuk pendampingan. Bupati juga meminta agar Dintanhut senantiasa berkonsultasi dengan TP4D jika ragu-ragu.

            Bupati mengakui saat ini cuaca di Kabupaten Rembang beda dengan kondisi di daerah lain, jika di daerah lain sampai banjir justru di Rembang tidak ada hujan sehingga banyak tanaman padi yang gagal.

            Salah satu solusinya dimungkinkan  saat ini Rembang mendapat penambahan kuota luas tanam tembakau dari semula 2500 Ha, tahun ini menjadi 3500 Ha, sehingga kerugian petani dibidang pertanian padi bisa diganti dari tanaman tembakau.

            Sementara itu Kepala Dintanhut Kabupaten Rembang  Suratmin mengatakan saat ini  sudah masuk dalam tahap identifikasi dan perencanaan. Total anggaran di Dinas Pertanian dan Kehutanan mencapai Rp 61 Miliar, sebagian kegiatan non fisik konstruksi sudah dilaksanakan, sedangkan kegiatan konstruksi mulai bulan April sebagian akan dilaksanakan.(  Mufti affandi )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::