Persit Usung Tong-tong Klek

-- --
Anggota Persit Kodim 0720 Rembang berlatih Tong-tong klek


Rembang-Dalam rangka menyambut HUT Persit Kartika Chandra Kirana yang ke-70, anggota Persit Kodim 0720 Rembang melakukan latihan musik tradisional tong-tong klek di Balai Manunggal lingkup Makodim setempat dalam rangka persiapan ditampilkan di Korem 073 Makutarama. 

Ketua Persit KCK Cab XLI Kodim 0720 Rembang Ny Ria Darmawan Setiady menyampaikan, melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara ikut berpartisipasi dengan mementaskan budaya tradisional tersebut.

Ria Darmawan mengatakan peringatan hari jadi  pada 3 april mendatang tidak dipandang sebagai kegiatan rutin dan seremonial semata, tapi lebih tepat untuk memberikan makna yang lebih dalam. Dengan mengambil hikmah ulang tahun ini, serta mengukur sejauh mana pengabdian yang telah dilakukan untuk memajukan organisasi.

Kegiatan mendapat dukungan penuh dari Dandim 0720 Rembang Letkol Inf Darmawan Setiady pasalnya tong- tong klek merupakan salah satu kesenian khas warga Rembang, yang pasti ada setiap menjelang akhir bulan Ramadhan. Kesenian tradisional yang terus dilombakan setiap tahun tersebut harus dilestarikan dan perlu dipelajari oleh semua elemen masyarakat agar tidak terancam punah.

Seperti diketahui, tong-tong klek merupakan inovasi generasi muda era puluhan tahun silam yang bermaksud untuk gugah sahur bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Mereka berkeliling kampung memainkan lagi-lagu diiringi alat musik seadanya terbuat dari bambu.(heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::