SBY Borong kain batik Lasem

-- --
Bu Ani yudhoyono antusias menanyakan tahapan pembuatan batik lasem


Lasem-Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memenuhi janji singgah di Lasem pada Rabu (16/3) dalam rangkaian kegiatan konsolidasi Partai Demokrat bertajuk Tour De Java. SBY dan istrinya Ani Yudhoyono, putra kedua Edi 'Ibas' Baskoro berikut fungsionaris partai berlambang mirip mercy memborong kain batik yang diperkirakan nilai transaksinya mencapai seratus juta rupiah.

Rombongan SBY diterima di Lasem tepatnya di salah satu rumah kuno khas etnis tionghoa milik Rudi Hartono yang berada di Desa Karangturi yang juga ketua pokdarwis. Sebanyak 34 stand batik yang disiapkan di lokasi kunjungan bahkan satu-persatu dihampiri dan secara merata dibeli oleh rombongan dan diprediksi uang yang dibelanjakan sekira seratus juta rupiah.

Salah satu Perajin sekaligus ketua koperasi batik A Maksum  mengatakan, kunjungan SBY dan istrinya menurutnya tak lepas dari wacana menjadikan Lasem sebagai tiongkok kecil yang kaya perpaduan budaya. Kemudian keduanya merupakan sosok yang penuh perhatian dengan kerajinan tradisional khususnya kain batik, seperti halnya yang dikenakan dalam kunjungannya di Lasem. Adapun terkait aksi borong kain batik oleh rombongan juga mendapat apresiasi dari pengrajin karena merupakan penghargaan tersendiri bagi icon Kabupaten Rembang.

Sementara Rudi Hartono selaku pemilik rumah kuno lokasi kunjungan rombongan SBY menyebutkan, momentum tersebut akan menjadi kenangan tak terlupakan seumur hidupnya setelah kemarin saat Imlek juga dikunjungi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia rencanakan rumah kuno warisan keluarga termasuk sebagai wahana wisata di Lasem yang juga mewujudkan keinginan Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Pada kunjungannya SBY juga terlihat serius menyaksikan pebatik yang sengaja dihadirkan guna menunjukkan rangkaian proses membatik mulai awal hingga finishing. Perajin batik senior Santoso dan Maksum menjelaskan tahapan demi tahapan kepada SBY dan istrinya, kemudian setelah menikmati hidangan lontong tuyuhan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tuban. (dari lasem, heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::