Warga Antusias menyaksikan Rekontruksi Pembunuhan Bu Jiran

-- --


 

 Beberapa adegan reka ulang pembunuhan Bu Jiran


Pamotan –Dukuh Palan desa Pamotan kecamatan Pamotan kemarin (22/3) kembali dipadati warga yang menyaksikan reka ulang kasus pembunuhan nenek kaya yang dilakukan oleh oknum guru yang tak lain adalah tetangga korban.

Rizal (26 tahun), pelaku pembunuhan terhadap bu Jiran mulai memperagakan aksinya sekitar   pukul 11.00 WIB. Adegan awal dilakukan di rumah Rizal yang berjarak kurang lebih 25 meter dari rumah korban. Di sana Rizal memperagakan persiapan yang dia lakukan sebelum mendatangi rumah korban.

Dalam rekontruksi, pelaku mulai memasuki rumah korban sekitar pukul 11.12 WIB. Selang beberapa menit setelah korban pulang dari pasar dengan naik becak. Rizal memasuki rumah korban melalui pintu utama ketika itulah Rizal mulai melakukan aksi bengisnya.

Meskipun tidak bisa melihat semua adegan yang diperagakan oleh Rizal, namun warga tetap antusias menyaksikan jalannya reka ulang sampai selesai. Demi kelancaran dan keamanan jalannya reka ulang warga hanya bisa menyaksikan dengan radius terdekat yakni 4 meter dari gerbang rumah korban.

Meskipun harus berdesakan dan berpanas-panasan, tidak sekalipun menyurutkan keingin tahuan warga. Salah satunya adalah Nanik Sri Purwani, ibu rumah tangga warga desa Pamotan ini mengaku sangat penasaran ingin melihat wajah pelaku pembunuh sadis yang dia belum pernah melihatnya secara langsung. 

Sementara, adik korban Sugiharto yang pada hari itu sengaja datang karena bertepatan dengan 40 hari sepeninggalan kakaknya mengatakan, ia sangat tidak menyangka kejadian naas menimpa kakak sulungnya. Ia lega karena pelaku berhasil ditemukan, dan berharap pelaku mendapatkan hukuman yang seadil-adilnya.

Rekontruksi berlangsung kurang lebih selama dua setengah jam. Dalam adegan terakhir pelaku membawa keluar motor korban lewat pintu utama yang kemudian ia tutup kembali dengan rapi. Ketika hendak keluar dari halaman rumah korban inilah, ada seorang saksi yang melihatnya.

Tersangka Rizal memperagakan total sekitar 52 adegan rekonstruksi rangkaian tindak kejahatan yang dilakukannya mulai awal hingga akhir. 

 Tersangka dikenakan pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati atau pindana penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun subsider Pasal 365 ayat 3 tentang pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang dengan hukuman penjara paling lama 15 tahun. (warih puspita arum dan  heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::