Wujudkan Belasan Ribu Titik Biopori

-- --


Koramil Kaliori ajak siswa setempat sukseskan program biopori

Rembang-Daerah identik dengan kekeringan selama kemarau seperti wilayah Kabupaten Rembang diminta melakukan antisipasi agar air hujan bisa tertampung dan terserap ke tanah. Salah satu upaya yang dianjurkan oleh pemerintah pusat yakni mengalakkan program biopori.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Rembang Purwadi Samsi menjelaskan untuk wilayah Rembang  sendiri biopori diutamakan terwujud di kecamatan yang tidak berada di kawasan perbukitan. Diajab hingga tahun 2016 terwujud 13 ribu titik di 5 kecamatan yang dipilih menjadi sasaran program terdiri Rembang, Bulu, Sulang, Pamotan dan Lasem.

Menurut Purwadi, program biopori sekaligus menjadi wahana untuk daerah yang minim sumber pendanaan. Sebab dibanding membangun embung-embung yang menelan anggaran cukup besar maka lebih tepat menggalakkan biopori.

Purwadi tambahkan, terlebih jika tiap rumah warga minimal ada dua atau tiga titik maka lingkungan masing-masing akan subur. Lubang biopori juga bisa dimanfaatkan untuk menimbun sampah organik sehingga dapat bermanfaat menjadi pupuk.

Mengingat pendidikan penyelamatan lingkungan harus dilaksanakan sedini mungkin dan dilakukan secara terus menerus, Koramil 02 Kaliori Kodim 0720 Rembang  belum lama ini digandeng SMPN 1 Kaliori turut serta meramaikan peringatan hari jadi sekolah tersebut mengajak siswa siajak membuat biopori.

Danramil Kaliori Kapten Tarmuji mengatakan melalui kegiatan pembuatan biopori selain bertujuan utama dalam hal pelestarian lingkungan juga bermanfaat mendekatkan anggota TNI dengan lingkungan pendidikan. Sehingga antara anggota Koramil Kaliori dan siswa serta para guru tercipta komunikasi yang baik dan berdampak pada meningkatnya
kemanunggalan TNI dan rakyat di wilayah setempat.

Sementara Camat Kaliori Mustholih yang turut hadir menyebutkan hal baru ini merupakan pembelajaran/pendidikan luar sekolah yang menjawab permasalahan sekian lama dihadapi yakni bila hujan datang maka halaman menjadi tergenang. Diharapkan kegiatan memberikan hasil maksimal membuat air meresap ke tanah sampai tak tersisa. (herubudi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::