4 kecamatan Kembangkan klinik Teknologi Tepat Guna

-- --


Kabid Pengembangan Sumber Daya Alam Lingkungan dan Teknologi Tepat Guna  pada BPMPKB Rembang Sri Suryandari saat menyampaikan materi

 Konsolidasi Klinik TTG di Gedung Bazda Rembang
 
Rembang- Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Rembang kemarin (14/4) menggelar Konsolidasi Klinik TTG di Gedung Bazda Rembang, Kegiatan ini untuk mewadahi Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang ada di kecamatan, SKPD terkait dan empat Posyantek yang ada dengan membentuk Klinik Teknologi Tepat Guna (TTG).

Kabid Pengembangan Sumber Daya Alam Lingkungan dan Teknologi Tepat Guna  pada BPMPKB Rembang, Sri Suryandari, menjelaskan Klinik tersebut mengakomodir pelaku, pemanfaat dan pemerhati TTG. Selama ini yang keaktifannya kurang melalui Klinik ini akan dipacu untuk berkarya kembali.

Tercatat di kabupaten Rembang baru ada empat Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek)  yakni Pancur, Gunem, Pamotan dan Kragan. Sebelumnya di tingkat kabupaten sudah ada  forum pemasyarakatan dan pemanfaatan TTG, namun untuk kepentingan legal formalnya maka dibentuklah Klinik TTG.

Lanjut Suryandari, diluar empat kecamatan tersebut, kecamatan lain juga bisa bergabung. Pihaknya memang ingin posyantek bisa berkembang di kecamatan lainnya. TTG sendiri dapat mengurangi pengangguran, mengurangi pengeluaran rumah tangga seperti penggunaan biogas dari kotoran sapi dan limbah tempe.

Dalam konsolidasi tersebut juga mendatangkan konsultan ahli, Prabowo Respatiyo Caturroso yang juga mantan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk berbagi ilmu tentang pemberdayaan pertanian dan teknologi. 

Sementara itu Surikno Sekretaris Klinik TTG Rembang, menambahkan saat ini TTG yang dikembangkan rata-rata teknologi biogas. saat ini mereka baru mengembangkan ternak cacing,hidroponik dan pengairan pertanian dengan sistem drip.

Ia menyebutkan, Klinik TTG saat ini juga telah memiliki web sendiri yakni www.ttgrembang.com dan grup WA. Melalui web dan WA tersebut masyarakat bisa memberikan masukan ataupun bisa berdiskusi, dan bergabung. Pihaknya siap membantu siapa saja yang membutuhkan teknologi tepat guna. Mereka bahkan siap memberikan pelatihan dan pendampingan. (Mufti affandi)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::