Ajang Pameran Buku Tolok Ukur Pertumbuhan Minat Baca Warga

-- --


Ka Kantor Parsip dan PDE Edi Winarno harap transaksi tahun ini  meningkat

            Rembang-Kantor Perpustakaan, Arsip dan Pengolahan Data Elektronk (Parsip dan PDE) Kabupaten Rembang mulai 28 April sampai dengan 4 Mei mendatang menggelar pameran buku di Balai Kartini. Nilai transaksi menjadi tolok ukur pertumbuhan minat baca warga Rembang, tahun lalu naik 15 persen dari sebelumnya mencapai Rp500 juta dan diharapkan kali ini lebih tinggi lagi.

            Kepala Kantor Parsip dan PDE Edi Winarno) menginformasikan pameran melingkupi 53 stand hasil kerja sama dengan 200 penerbit. Buku yang ditampilkan cukup variatif terdiri fiksi, pelajaran, agama, sejarah dan lainnya. Ajang ini diadakan untuk mendekatkan warga mendapatkan bahan bacaan baik karya penulis dalam negeri maupun terjemaahan yang ditulis orang asing.

Lanjut Edi Winarno minat baca buku di kalangan masyarakat saat ini makin lama terus berkurang seiring kemajuan tekhnologi yang memudahkan seseorang mengakses dari inernet yang sebenarnya berbiaya mahal dibanding membeli bacaan cetak. Untuk itu perlu diantisipasi melalui ajang pameran buku yang mayoritas merupakan karya anak bangsa sendiri, bahkan para penerbit memberikan suport dengan memberlakukan potongan harga hingga 70 persen agar terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. 
  
Disingung rasio ideal buku dan pembaca untuk lingkup perpustakaan, Edi Winarno jelaskan mestinya berbanding 1:1 atau satu buku untuk satu orang, sedangkan di Indonesia tercatat 1:5 atau satu buku dibaca lima orang. Disampaikan pula  ajang pameran buku sekaligus bermanfaat untuk mengetahui pertumbuhan minat baca masyarakat .


Ditambahkan, untuk meramaikan pameran buku pasti disertakan aneka lomba dan hiburan untuk sebagai daya pikat animo mengunjungi. Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk menjadwalkan siswa di 14 kecamatan datang menyaksikan ribuan buku yang dijual murah di Balai Katrtini. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::