Aturan baru pendaftaran haji dirampingkan

-- --
Shalehudin mengatakan  pendaftaran haji mulai tahun ini dirampingkan 

REMBANG –Kementrian agama mulai pekan ini memberlakukan  Aturan baru pendaftaran haji di seluruh indonesia. . Aturan baru tersebut secara lisan  sudah disampaikan oleh Kemenag Pusat kepada masing-masing kota/kabupaten. Hanya saja secara resmi, Juknis pelaksanannya masih belum turun.  

            Kasi Penyelenggara haji dan Umroh  Kantor Kemenag Rembang, Shalehudin mengatakan, perubahan aturan haji tahun ini menyangkut prosedur pendaftaran. Jika sebelumnya, pendaftar haji setidaknya harus  menempuh tiga prosedur, maka dengan aturan baru ini hanya melewati dua prosedur saja.

            Sesuai prosedur pendaftar membuka rekening di bank syari’ah yang dipilih. Setelah pembuatan rekening haji selesai, selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor validasi data. Data validasi tersebut oleh pendaftar diserahkan kepada Kantor Kemenag setempat  untuk dilengkapi formulir pengisiannya. Setelah dibuatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH), selanjutnya data tersebut akan dimasukan ke server online.

            Selanjutnya,  akan langsung muncul nomor porsi. Nomor porsi itu selanjutnya diserahkan ke pendaftar. Sehingga Pendaftar tidak perlu lagi kembali ke bank sebagaimana prosedur sebelumnya. .

            Shalehudin menambahkan, pendaftaran haji harus dilakukan di bank syari’ah. Jika pendaftar sudah melakukan pendaftaran di bank non-syari’ah, maka harus memindahkannya ke layanan syari’ah.

Sementara iini untuk sosialisasi aturan baru haji masih harus menunggu Juknis dari pusat. Rencananya, sosialisasi akan dilakukan kepada masyarakat melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Selain KBIH, sosialisasi akan silakukan melalui majlis ta’lim dan kantor KUA di masing-masing kecamatan.

            Hingga tahun 2016 ini, daftar tunggu pendaftar haji di Kabupaten Rembang sudah mencapai 21 tahun. Dan pendaftar haji tahun ini baru akan diberangkatkan menuju tanah suci pada tahun 2037..( Muftiaffandi )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::