BANTUAN JAMBAN WARGA

-- --
Bupati Abdul Hafidz memberikan pengarahan sarasehan kesehatan di kecamatan Lasem


Lasem – Terhitung dari 20 desa dikecamatan Lasem sebanyak 17 desa belum mendeklarasikan Stop Buang Air Besar sembarangan ( BABS ). Ini bisa di khawatirkan berdampak pada kesehatan masyarakat. 

               Bupati Rembang H. Abdul Hafidz menginstruksikan supaya segera mewujutkan Rembang sehat, hal ini di sampaikan saat sarasehaan kesehatan di desa karang turi kecamatan lasem kemarin ( 05/4 ).   Sarasehan kesehatan perlu untuk memberikan contoh dan dorongan bagi desa-desa yang belum mendeklarasikan stop BABS.

            Abdul Hafidz mengatakan, Kabupaten rembang harus sehat, maka bila ada penyebab tidak sehat harus ditata, salah satunya adalah buang air besar sembarangan. Karena jika ini terus di biarkan akan menyebabkan anak-anak kecil bisa terjangkit penyakit.

               Pihaknya juga memberikan dana stimulan bagi warga yang belum punya jamban yang berasal dari dana desa. jika desa merasa keberatan karena banyak warga yang belum ada jamban, bisa melapor ke kepala dinas kesehatan supaya bisa di beri bantuan. 

                Abdul hafidz mengintruksikan untuk desa yang sudah bebas buang air besar sembarangan tetapi belum dapat reeward maka segera buat proposal pengajuanya, dengan di buktikan data – data yang akurat. 

                Hal yang sama juga disampaikan Plt Camat Lasem Kukuh Purwasana, pihaknya menargetkan 2017 kecamatan lasem bisa Stop BABS. dengan melakukan pendekatan pada warga yang belum mempunyai jamban akan di berikan bantuan yang berasal dari APBDes. 

                Kukuh mengatakan, sampai saat ini sudah ada 3 desa dari 20 desa di kecamatan lasem yang sudah mendeklarasikan Stop BABS, yakni desa Tasik sono, Karas gede, dan Dasun. Masih adanya warga yang melakukan buang air besar sembarangan karena adanya faktor ekonomi dan belum berubahnya pemikiran masyarakat menuju hidup sehat. Ini bisa di lihat meski banyak yang sudah memiliki jamban namun tetap saja masih melakukan BABS. 

            Data kantor kecamatan Lasem  dari 837 kepala keluarga ( KK ), ada 98 KK atau 11,17 persen yang belum mengakses jamban sehat. (  prasetyo budi wibowo  )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::