Bantuan Perluasan Jalisdes Cakup 8 Desa

-- --


Kabid Migas dan Energi Imam Teguh Susatyo pastikan semua pedukuhan  akan teraliri listrik

      Rembang-Pengembangan kawasan pemukiman warga acapkali tidak didukung pemenuhan sarana dan prasarana yang mestinya menyertai seperti halnya aliran listrik. Untuk itu sebagai bentuk perhatian dan kepedulian atas hal tersebut, Pemkab Rembang melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan bantuan perluasan jaringan listrik perdesaan (jalisdes).

            Kabid Migas dan Energi Imam Teguh Susatyo menjelaskan bantuan perluasan jalisdes tiap tahun nilainya variatif sesuai dengan alokasi yang disetujui dewan dalam APBD Kabupaten, sehingga sasarannya juga tak sama saat realisasi. Adapun untuk yang belum tercover dari pemda karena keterbatasan anggaran disikapi dengan mengajukan bantuan ke pemprov.

            Imam demikian sapaan akrabnya menjelaskan,  seiring bertambahnya jumlah penduduk dan mereka yang sudah menikah cenderung ingin hidup mandiri dan biasanya mendirikan rumah masih di lingkup desanya yang kian lama jumlahnya terus bertambah, sehingga muncul pedukuhan baru. Untuk itu bantuan perluasan jalisdes menyasar kawasan pengembangan pemukiman baru tersebut supaya tidak ada lagi yang belum teraliri listrik

            Imam sampaikan tahun lalu bantuan beralokasi sekira Rp200 juta yang disalurkan untuk dua lokasi yaitu Desa Sampung Kecamatan Sarang dan Desa Sumbangrejo Kecamatan Pamotan. Sedangkan tahun ini mendapat sekira Rp600 juta ditujukan delapan area meliputi Desa Kedungtulup Kecamatan Sumber, Desa Sambong dan Sidorejo Kecamatan Sedan, Desa Ketangi dan Desa Ringin Kecamatan Pamotan, Desa Sudo Kecamatan Sulang, Desa/Kecamatan Kragan dan Desa/Kecamatan Bulu.

            Imam tambahkan untuk desa lain yang belum tervover tahun ini diajukan program sama yang dikelola Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2017, terdiri Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang, Desa Pasedan Kecamatan Bulu, Desa Mojorembun Kecamatan Kaliori dan Desa Menoro Kecamatan Sedan. Ditegaskan pula bila pekerjaan dilakukan oleh rekanan pemenang lelang  gambar serta barang-barang yang digunakan harus berstandar SNI mengacu ketentuan PLN yang digandeng sebagai konsultan. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::