Cegah abrasi Puluhan ribu bibit mangrove ditanam

-- --
Penyerahan bibit secara simbolis kepada kepala desa dan perwakilan warga

Penanaman serentak bibit mangrove di pinggir pantai bonang lasem


Lasem - Selain membangun dam pemecah ombak, salah satu upaya alamiah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah abrasi adalah menanam pohon Mangrove di sepanjang garis pantai.

Hal tersebut di sampaikan oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto pada  acara penanaman puluhan ribu pohon mangrove di desa bonang kecamatan lasem pagi tadi (22/04). Kegiatan yang di selenggarakan oleh PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB) di hadiri oleh jajaran  muspika kecamatan sluke dan muspika kecamatan lasem, turut di libatkan pula ratusan  siswa siswi SMP sekecamatan lasem.

Bayu Andriyanto mengatakan manfaat penanaman mangrove tidak hanya untuk mencegah abrasi saja tapi juga untuk kelestarian alam di sekitar, jika pantainya menjadi hijau dan rimbun nantinya juga akan membuat banyak burung-burung dan biota laut yang hidup, sehingga ini bisa menjadi tujuan wisata. 

Bayu Andriyanto mengatakan  masyarakat sangat merespon baik dengan adanya kegiatan seperti ini karena kegiatan ini nantinya akan memberi manfaat kedepan bagi mereka.

            Di tambahkan saat disinggung mengenai pembabatan hutan mangrove di kaliori pihaknya menyerahkan semua penyelidikan kepada yang berwenang, dan di tindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

            Sementara itu Miftakhul Jannah selaku Direktur Dua Operasi PJB mengatakan, untuk menciptakan lingkungan yang semakin hari semakin baik, bisa  diwujudkan dengan penannaman pohon mangrove Untuk perawatan kedepan nanti bisa di serahkan ke kelompok taruna dan masyarakat sekitar. 

            Sebelum menanam pohon mangrove PJB melakukan kerjasama dengan para pencinta mangrove dari Undip Semarang serta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kelautan Kabupaten Rembang untuk menentukan lokasi yang tepat di tanami pohon mangrove. (  prasetyo budi wibowo  ) 

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::