DPD IPKINDO Dukung Terbentuknya Agroekowisata Criwik

-- --


Tim pendamping Dintanhut dan DPD IPKINDO rutin berikan pembinan menuju Agroekowsiata Criwik

Pancur-Wacana Pemkab Rembang memproyeksikan desa-desa penghasil buah menjadi kawasan wisata alam sangat didukung Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (DPD IPKINDO) setempat. Bersama tim perencanaan dari Dintanhut Kabupaten Rembang, lembaga yang mewadahi penyuluh kehutanan tersebut tengah fokus menyiapkan potensi lain Desa Criwik Kecamatan Pancur sebagai kawasan agroekowisata agar tak semata mengandalkan buah durian saja.

Ketua DPD IPKINDO Kabupaten Rembang Sumanto menyebutkan jika berkonsep agrowisata, hanya  sekedar memanfaatkan pertanian (agro) dan budaya lokal dalam memanfaatkan lahan sebagai objek wisata. 

Sedangkan agroekowisata merupakan suatu konsep pariwisata yang mencerminkan wawasan lingkungan dan mengikuti kaidah-kaidah keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

           Sambung Sumanto, berdasarkan potensi yang ada di desa Criwik perlu upaya penataan dalam mengembangkan dan memelihara serta menjaga kelestarian lingkungan oleh pihak pengelola desa wisata. Butuh kajian bagaimana proses penyelesain dalam observasi serta pola mendesain untuk mengembangkan potensi yang ada guna meningkatkan sumber ekonomi bagi masyaraat setempat, termasuk yang kini tengah dibahas bersama dalam pendampingan yakni semua akan ambil peran sesuai hak dan kemampuannya serta tahu potensi dirinya yang harus dikembangkan.

Terpisah, Kades Criwik Sukardi menjelaskan sampai tahun lalu terdata jumlah pohon durian mencapai 9 ribu batang pohon dengan produktivitas sekira 25 ribu butir buah durian per tahun. Selain itu desa setempat juga terdapat pohon nangka, mangga, kueni dan rambutan sehingga terkait keaneka ragaman hayati tak perlu dirisaukan lagi karena siap menjadi penunjang daya tarik wisatawan berkunjung ke desanya.

Sukardi tambahkan rintisan agroekowisata telah dimulai sejak tahun 2014 dengan wujud waga bergotong royong melakukan kerja bakti membuat jalan menuju kebun durian. Beruntungnya hal tersebut mendapat perhatian dari Kodim 0720 Rembang dan dipilih menjadi sasaran TMMD, pada pra kegiatan telah dicor sehingga lebih layak digunakan dan akan dirawat hingga launching Agroekowisata Criwik pada tahun depan. (heru budi s )
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::