DPRD Maluku Tenggara belajar ke TPI Rembang

-- --

para anggota DPRD Malku Tenggara sedang mengamati proses pelelangan ikan di TPI Tasik aggung

Rembang - Anggota DPRD Maluku Tenggara kemarin (28/4) melakukan kunjungan kerja di TPI Tasik Agung Kabupaten Rembang. Kunjungan kali ini untuk belajar menerapkan keberadaan TPI di maluku tenggara. Pasalnya Sejauh ini para nelayan di maluku tenggara saat menjual ikan langsung ke pasar atau konsumen, karena belum  memiliki Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ).

Hamza Rahayaan Wakil DPRD Maluku Tenggara saat memantau proses  pelelangan ikan di TPI Rembang mengatakan, bersama  rombongan berjumlah 12 orang terdiri dari anggota DPRD Maluku tenggara, Sekertaris dewan dan Staf.nantinya ingin memberikan kemudahan para nelayan dalam menjual hasil tangkapan ikan,  

Menurutnya tempat pelelangan ikan di Kabupaten Rembang sangat luar biasa. Bahkan menurut data yang Ia peroleh di sektor perikanan saja Kabupaten Rembang menghasilkan 416 Milyar dari hasil Retribusi pelelangan ikan.

Hamza berharap setelah dari Rembang nantinya ilmu yang di dapat bisa di implementasikan di wilayanya. Pihaknya juga berharap jika nantinya sudah ada TPI di Maluku Tenggara, pemerintah Kabupaten Rembang dan Pemerintah Maluku tenggara bisa berkoordisani di bidang tangkapan ikan, Supaya para nelayan dari Rembang bisa datang ke Maluku tengara, kemudian hasil tangkapan ikan bisa di lelang di Rembang, mengingat konsumsi ikan di Jawa Tenggah sangat tinggi, apalagi rembang ini merupakan penyuplai ikan di berbagai daerah di jawa. 

Hamza menuturkan dengan adanya TPI sangat menguntungkan bagi nelayan, karena hasil tangkapan ikan akan langsung habis terjual. Ini sangat berbanding terbalik dengan di Maluku Tenggara, disana slalu ada ikan yang tidak habis terjual sehingga ikan membusuk dan terbuang sia - sia, mengingat ikan hanya bisa bertahan sampai satu sampai dua hari saja bila tanpa es atau pengasinan.

Sementara itu Suparman Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Rembang mengatakan, kunjungan kerja DPRD Malaku Tenggara diharapkan ada tidak lanjut kerjasama di bidang pengelolaan sumberdaya perikanan.

Suparman berharap nanti disa terjalin kerjasama antar pelaku usaha di Rembang dan Maluku Tenggara, supaya nelayan di Rembang bisa melaut kesana dan menjual tangkanpanya di Rembang untuk menambah nilai ekonomi, mengingat kondisi sumberdaya alam di maluku masih sangat baik sehingga hasil tangkapan ikan pasti lebih baik. 


Suparman menambahkan nanti setelah kunjungan di TPI pihaknya akan berdiskusi di kantor Bupati untuk menentukan kesepakatan - kesepakatan dengan anggota DPRD Maluku tenggara. (prasetyo budi wibowo)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::