Karya Pino Diapresiasi Bupati

-- --

Rembang-Sepintas tak terbayangkan bila Bupati Rembang Abdul Hafidz ternyata juga menyukai karya seni. Apresiasi tersendiri diberikan kepada karya Ibnu Hajar Alvino pada pameran seni lukis femaletika belum lama ini di pendopo museum RA Kartini.

            Ketertarikan Bupati Abdul Hafidz atas karya pelukis asal Lasem tersebut dan memutuskan membeli karena sesuai dengan tema kegiatan Gema Kartini rangkaian peringatan hari lahir tokoh pejuang emansipasi wanita yang ke 137 tahun ini. Gambar seorang wanita memegang lampu teplok dan dalam keremangan cahaya semburat muncul sosok RA Kartini, sepertinya mengimplementasikan buku yang disusun dari surat-surat pejuang kesetaraan hak antara wanita dan pria berjudul habis gelap terbitlah terang.

            Lanjut orang nomer satu di Rembang tersebut, karya seni lukis adalah imajinasi yang dituangkan penuh kreasi sehingga tak ada ukuran baku nilai jualnya. Sehingga acapkali dianggap mahal oleh awam tanpa memaknai arti estetika yang tertuang dari suatu karya seni.

            Sementara Pino sendiri menjelaskan keikut sertaannya dalam pameran seni lukis femalektika bertujuan memenuhi undangan dari panitia untuk tampil pada even tersebut tanpa bermaksud mengutamakan menjual hasil karyanya.

            Pemilik suket teki art galllery itu lebih lanjut menjelaskan lukisan yang diberinya judul perjuangan yang sama tertuang di kanvas ukuran 80 X 110 centimeter dibuat tahun silam. Saat itu sedang mendapat inspirasi sosok RA Kartini yang kemudian dituangkannya menjadi lukisan.

            Disinggung tentang tokoh emansipasi wanita dalam pandangannya sebagai pelukis, Pino sebutkan dalam dunia seni saat ini peran pejuang kesataraan hak wanita dan pria tersebut  semakin menghilang. Bahkan banyak yang salah menafsirkan isi buku habis gelap terbitlah terang sekedar kata-kata mutiara yang ditulis oleh RA Kartini.     

Oleh karena itu tambah pelukis bertubuh kecil berambut gondrong dan berciri khas mengenakan kain sarung dimanapun berada, filosofi habis gelap terbitlah terang belum selesai dan harus terus digelorakan. Perjuangan Kartini harus dilanjutkan oleh generasi penerusnya agar kesetaraan gender dalam semua bidang terbuka lebar. ( heru budi s )


Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::