Ketahanan Pangan Dijamin Aman

-- --



Rembang-Walau curah hujan di Kabupaten Rembang tergolong rendah, namun target luas tanaman padi pada tahun 2016 justru naik dua persen. Dari semula 43.305 hektar menjadi 45.143 atau bertambah 1.838 hektar yang dipatok menghasilkan produk 251.741 ton beras.

            Terkait apakah target terpenuhi atau tidak tentu bergantung dengan konidisi alam pada masa tanam 2 atau dikalangan pertanian biasa disebut walik dami., adapun pola tanam tentunya juga harus berlaku khusus beda dengan MT 1 yakni lebih tepat berpola jajar legawa agar hasilnya optimal. 

Disinggung ketahanan pangan seiring dengan kemungikan tidak tercapainya target produksi, Kepala BKP dan P4K Kabupaten Rembang Dwi Purwanto menegaskan tak ada masalah bahkan hal tersebut dipastikan aman. Dwi Purwanto jelaskan kondisi saat ini baik untuk persediaan pangan warga maupun disetor ke Dolog sebagai rastra disebutnya tercukupi, bahkan sisa panen tahun lalu juga masih ada terdata disimpan di lumbung-lumbung desa dan tempat penggilingan beras. 

Adapun untuk krisis pangan artiannya yakni dalam radius 100 meter dari tempat tinggalnya, warga kesulitan mendapatkan bahan pangan dan hal ini belum pernah terjadi di wilayah Rembang. 

Ditambahkan Satgas Serap Gabah saat ini tengah melakukan pembelian hasil panen masa tanam pertama yang pelaksanannya mengacu dengan ketentuan yang ada terkait kualitas dan harga pembelian. Namun jika petani memilih menjual di pasar atau pengepul dengan harga lebih tinggi disebutnya bukan menjadi masalah, hanya saja diinagtkan supaya
sebagian ada yang disimpan di lumbung desa untuk persediaan kebutuhan pangan ketika nanti jumlahnya mulai menyusut. 

            Sementara dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang data tahun  2013 lalu  dari total lahan pertanian 44 ribu hektar menghasilkan 206 ribu ton, tahun 2014 dengan luasan sama tetapi akibat dampak anomali cuaca berupa kemarau berkepanjangan hanya dihasilkan 170 ribu. Tahun lalu dari target  249 ribu ton justru surplus, dicapai sekira 251 ribu ton. (Heru Budi S)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::