Kiai Nggower di pertunjukan untuk yang terakhir

-- --


satu set gamelan kuno yang di beri nama kiai nggower
         LasemGamelan kuno yang di buat tahun 1919 yang di beri nama kiyai Nggower di pertunjukan yang terahkir di lawang ombo kecamatan lasem kemarin ( 05/4 ). Dalam pertunjukan tersebut turut  disaksikan  pemerhati budaya dari tanah air

         Gandor Sugiharto selaku perawat gamelan tersebut mengatakan, Keberadaan gamelan kuno yang sudah berusia ratusan tahun in sudah lama dirawatnya. Gamelan in i terbuat asli dari perunggu dan  membutuhkan perawatan khsusus,  sehingga jika terkena air akan mudah muncul bercak hijau. Mengingat karena usianya sudah tua dan Ia tidak sanggup merawatnya karena membutuhkan biaya mahal pihaknya bermaksud untuk menyerahkan kepada pemiliknya.

         Gandor mengatakan, perawatan gamelan tidak hanya merawat saja tetapi juga menyeleraskan nada, supaya nada yang di hasilkan masih selaras. Sekali perawatan pihaknya mengeluarkan biaya sekitar Rp 2 juta  dan dibantu  4 orang pekerja. Untuk perawatan gamelan ini  dalam setahun dibutuhkan sebanyak 3 sampai -4 kali

Disebutkan gandor sejarah kepemilikan gamelan tersebut aslinya milik  dari Soebagyo Soekijan. Karena pemilik tertarik  melihat dirinya sangat menyukai pertunjukan wayang dan alunan musik gamelan, akhirnya perawatan gamelan dipercayakan kepadanya  dengar syarat harus dirawat dengan baik.

           Sementara itu Rudi Hartono selaku ketua kelompok sadar wisata ( pokdarwis ) lasem mengatakan,  gamelan kiai nggower merupakan gamelan yang termasuk aset sejarah kabupaten rembang, pihaknya berharap jika nantinya gamelan tersebut di jual tidak pergi keluar daerah bahkan ke luar negri.

Dalam pagelaran seni tersebut turut di datangkan seniman senior Didik Nini Towok dari Jogja. (prasetyo budi wibowo)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::