KPLI Tertagih Hampir Separuh.

-- --
Sahroni akan berusaha keras tagih sisa KPLI


 Rembang-Unit Pelayanan Tekhnis Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Perikanan (UPT PPUP) Dinas Kelautaan dan Perikanan Kabupaten Rembang, membentuk tim penagihan kekurangan pembayaran lelang ikan (KPLI) menuai hasil. Dari tahun sebelumnya telah berhasil ditarik hampir separuhnya per bulan Februari 2016.

Kepala UPT PPUP Sahroni menegaskan pihaknya memang memilih langkah persuasif dibanding menempuh jalur hukum dalam penyelesaian KPLI, karena tak ingin para bakul ikan harus berurusan dengan aparat keamanan dan berimbas masuk bui. Pihaknya membawahi 10 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang aktif di wilayah Rembang 

Disebutkan KPLI muncul berdasar dua hal, yaitu transaksi perdagangan ikan belum masuk sebagai klausul dalam Perda yang mengatur pengelolaan TPI dan adanya toleransi pemilik ikan yang membolehkan bakul belum membayar lunas seluruh dagangan yang dibeli atau menyisakan tunggakan dan lantaran terjadi setiap hari akibatnya tunggakan semakin besar nilainya mencapai milyaran rupiah pada tiap akhir tahun.

Sahroni tuturkan problematika KPLI bukan hal baru namun warisan dari pengelola lama saat TPI masih dibawah kendali Pemprov dan dalam hal ini dipercayakan kepada PUSKUD Mina Baruna, kemudian saat pengalihan pengelolaan kepada pemda sekira lima tahun silam, dari nilai KPLI berkisar Rp7 miliar dan sampai dengan tahun pertengahan 2015 berhasil ditekan menjadi Rp5,3 miliar adapun dari hasil kerja keras tim penagihan, tercatat sampai bulan Februari tersisa Rp2,826 miliar.

Ditambahkan, adanya KPLI tak hanya merugikan nelayan dan pemilik ikan karena belum menerima lunas pembayaran seluruh dagangan yang telah dibeli para bakul, namun pemda juga ikut menerima dampaknya. Pasalnya retribusi yang mestinya telah dipungut menjadi tertunggak dan mengurangi setoran pendapatan dari instansi terkait yang mestinya juga masuk dalam capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD).

        Terpisah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Suparman mengatakan disiapkan wacana guna mencegah KPLI yakni pelaksanaan pembayaran oleh pedagang peserta lelang ikan melalui perbankan.Sehingga dengan demikian tidak ada lagi yang bisa hutang atau menunggak pembayaran saat mengikuti lelang di TPI.. (dari rembang, heru budi s melaporkan)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::