KTH Ngudi Lestari Dinilai Tim Provinsi

-- --
KTH Ngudi Lestari mendapatkan penilaian dari propinsi


Pancur-Tim penilai dari Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Provinsi Jawa Tengah melakukan penilaian di Desa Criwik kecamatan pancur , terkait sumbangsih yang telah dilakukan KTH Ngudi Lestari yang ditunjuk mewakili Kabupaten Rembang dalam  lomba wana lestari dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan aparat pemerintah di bidang pembangunan kehutanan,

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP dan P4K) Rembang, Dwi Purwanto penilaian Kelompok Tani Hutan (KTH) Ngudi Lestari Desa Cruwik dalam penilaian lomba wana lestari pada karagori penghijauan dan konservasi alam, meliputi pemberdayaan kelompok tani dan masyarakat dalam penghijauan dan konservasi alam.  Dengan tolok ukurnya adalah keberhasilan peserta dalam dua bidang yaitu rehabilitasi dan konservasi dimana KTH Ngudi Lestari Desa Criwik memenuhi persyaratan tersebut, bahkan sukses melakukannya sehingga terpilih maju lomba tingkat provinsi.

Dwi Purwanto sebutkan mendekati lomba telah diadakan pembinaan dalam rangka persiapan penilaian kepada KTH Ngudi Lestari, berupa penyusunan profil kelompok tani dan desa peduli kehutanan serta menyiapkan lokasi untuk kunjungan lapangan. Harapannya lembaga binaan yang telah berkiprah meningkatkan kualitas ekologi, ekonomi dan sosial di desa setempat mampu menjuarai even bergengsi ini bahkan menyandang terbaik di tingkat nasional. Sebab berimplementasi melancarkan terwujudnya konsep Criwik Desa Agroekowisata yang tengah dimatangkan.

Terpisah Ketua KTH Ngudi Lestari Sukimin mengatakan, persiapan yang dilakukan kelompoknya sudah mencapai 100% mulai dari administrasi sampai dengan pembuatan profil, sebagaimana yang disyaratkan dalam penilaian lomba. Segenap anggota KTH Ngudi Lestari berharap keluar sebagai juara karena merasa unggul di gerakan pelestarian alam melalui penanaman berbagai tanaman di bawah tegakan.

Sukimin tambahkan selain itu kelompoknya juga berhasil mewujudjan hutan rakyat agro forresty berupa budidaya tanaman empon-empon dan industri olahannya. Sehingga tak berlebihan bila aktifitas menonjol tersebut dinilai layak mewakili Kabupaten Rembang dalam lomba PKA wana lestari tingkat provinsi.

Terpisah, Rochmi Rochiem selaku ketua tim penilai dari Bakorluh Provinsi Jateng merahasiakan indikator dan parameter penilaian karena jika dipublikasikan bisa jadi bocoram bagi peserta lain karena dilakukan tidak serentak. Hanya saja sedikit yang dapat ditangkap terkait  pemberdayaan kelompok tani dan masyarakat dalam penghijauan dan konservasi alam. (heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::