Kuota Penerima PKH Berkurang, Pagu Justru Meningkat

-- --

 Ka Dinsosnakertrans Waluyo pantau kerlancaran pencairan PKH tahap 1 di Kantor Pos


Rembang - Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Rembang menyelesaikan pembagian bantuan dana program keluarga harapan (PKH) tahap I tahun ini. Monitoring dan evaluasi realisasi penggunaan akan dilaksanakan pada bulan depan, guna persiapan pencairan tahap berikutnya.

Termin penyaluran bantuan dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait dibagikan tiap tiga bulan sekali, nominal bantuan pokok PKH adalah tetap, yakni Rp500 ribu per KK, besaran bantuan untuk ibu hamil dan atau memiliki balita ditetapkan nilainya Rp1 juta, penyalurannya dilakukan dalam empat tahap. Demikian juga dengan penerima PKH yang memiliki anak yang duduk di bangku SMA/STM/Aliyah, nominal bantuannya sebesar Rp1 juta yang juga disalurkan dalam empat tahap.

Adapun besaran bantuan sedikit lebih rendah diterima bagi keluarga sasaran PKH yang memiliki anak usia sekolah di bangku SMP atau Tasnawiyah (MTs) dipatok sebesar Rp750 ribu, sementara keluarga dengan anak usia di bangku SD/madratsah sebesar Rp450 ribu.

Kabid Sosial Dinsosnaketrans Papto Rahardjo menyampaikan untuk Kabupaten Rembang tahun kemarin jumlah penerima sebanyak 7.895 rumah tangga sangat miskin (RTSM) dengan nilai bantuan sebanyak Rp2,23 milyar lebih, sedangkan tahun ini berjumlah 7.425 RTSM beralokasi mencapai Rp5,9 milyar lebih. Dalam pencairannya menggandeng pihak Kantor Pos, namun untuk Kecamatan Pancur, Gunem, Sumber dan Kaliori yang tidak tersedia institusi tersebut dialihkan ke pendopo kecamatan.

Prapto sebutkan meski kuota penerima bantuan berkurang pada tahun ini dibanding sebelumnya tetapi pagu nilai bantuan meningkat, karena sekarang juga menyasar warga lanjut usia (lansia) tak mampu berusia diatas 70 tahun dan penyandang orang dengan kecacatan berat (ODKB) sebagai penerima.

Dimana kemarin PKH hanya diberikan kepada RTSM berdasar acuan sedikitnya satu kriteria kepesertaan program yaitu memiliki ibu hamil/nifas, memiliki anak balita atau anak pra sekolah, memiliki anak usia SD atau SLTP atau anak 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Prapto tambahkan pada minggu ini PKH sudah didistribusikan kepada RTSM selaku penerimanya, adapun bagi yang belum mengambil tidak ada istilah hangus karena dibagikan kurun waktu setahun dalam 4 termin atau tiap tri wulan. Penerima bantuan diberikan bukti berupa kartu peserta PKH yang wajib dibawa ketika mencgambil dana bantuan dimana dalam hal ini harus dilakukan sendiri karena tidak dapat diwakilkan.


Data  Dinsosnakertrans pada pelaksanaan PKH pada tahun 2012, dibagikan kepada 7.549 rumah tangga miskin sasaran (RTSM) dengan pagu Rp2,1 milyar. Pada pelaksanaan kedua tahun 2013 ditujukan 7.301 RTSM dengan pagu Rp1,6 milyar dan di tahun ke 3 atau 2014 PKH berkuota 7.895 RTSM berpagu Rp2,236 milyar. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::