Pemerhati Pendidikan Gelorakan Asupan Bergizi Untuk Pelajar

-- --
 Murid SDN Maguan Kaliori terlihat gembira saat diajak memetik mentimun yang telah masak

Murid SDN 2 Sulang semangat mengikuti arahan cara mengolah Timun Jepang

Sulang-Aktivitis dan individu pemerhati pendidikan memutuskan bergabung untuk menggelorakan program asupan bergizi untuk pelajar. Pelaksanaan kegiatan dibalut hiburan dan memasak bareng kemudian dimakan bersama itu dijadwalkan menyeluruh di 14 kecamatan berjargon Desa Membangun Negara - Peduli Anak Melalui Layanan Pendidikan dan Kesehatan Bermutu.

Penggagas kegiatan adalah Maimun Ahanan dari Lembaga Pengembang Karsa Swadaya (L-PKS) setelah sering berbincang dengan rekannya Anik S Kudo warga Indonesia yang menikah dengan orang Jepang dan sampai kini tercatat memiliki sejumlah resto ternama di Bali. Bahan baku yang dikenalkan pada program tersebut yakni komoditi Timun Jepang jenis shiro uri yang dibudidayakan Purwoto Kades Maguan Kecamatan Kaliori.

Maimun menjelaskan sampai dengan akhir pekan ini telah dua kali mengadakan kegiatan kampanye dan promosi mengkonsumsi sayuran/buah bernutrisi tinggi dengan bahan baku Timun Jepang. Kali pertama berlangsung Rabu,( 23-03) di SDN Maguan Kaliori dan Kamis (31-03) di SDN 2 Sulang. 

Dasar gagasannya hasil refleksi dari pemikirannya bahwa Timun Jepang sebagai produk berkualitas yang dibudidayakan warga Indonesia justru dinikmati orang lain. Selalu saja sayuran dan buah terbaik hasil produksi dalam negeri malah dieksport untuk dikonsumsi bukan oleh anak bangsa sendiri.

Oleh karena itu sambung Maimun setelah berdiskusi dengan rekannya Anik S Kudo dan Purwoto selaku pemilik tanaman Timun Jepang akhirnya sepakat menggelorakan dan promosi mengkonsumsi sayuran/buah bernutrisi tinggi ke semua jenjang pendidikan yang sedia melaksanakan. Kegiatan sendiri dipastikan tak membuat peserta jenuh karena satu bagian dari rangkaian kegiatan adalah pelajar diminta membaca satu demi satu kandungan nutrisi dan khasiat mentimun.

Saat kegiatan diadakan di SDN 2 Sulang, Plt Camat setempat Agung Budi S mengatakan kegiatan ini sangat berharga karena merupakan bentuk kepedulian tersendiri di kalangan pendidikan dan kesehatan pelajar. Kedepan harus menjadi agenda rutin semua sekolah untuk mengkampanyekan konsumsi asupan berkualitas terlebih dihasilkan dari lahan sendiri.

             Beberapa jenis masakan yang dihasilkan adalah soup, asinan dan manisan. Selanjutnya dibagikan merata ke semua murid maupun guru dan dinikmati secara bersama. (heru budi s)

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::