Pemerintah Luncurkan Pola Sertifikasi Guru Secara Mandiri

-- --
Mardi sebutkan peserta sertifikasi SG PPG tidak otomatis lolos meski urus secara swadaya


Rembang-Mulai tahun ini pemerintah meluncurkan program akselerasi sertifikasi guru secara swadaya atau mandiri bagi kalangan pendidik. Dinamakan Sertifikasi Guru Pendidikaan Pelatihan Guru (SG-PPG) dengan perkiraan biaya sekira Rp15 juta per peserta.

            Kepala Bidang Penata Tenaga Kependidikan (PTK) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Mardi menjelaskan selama bergulir sampai dengan tahun ini sertifikasi tercatat telah menggunakan tiga metode. Pada awalnya menggunakan model portofolio kemudian diluncurkan pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG) dan kini ditambah dengan sertifikasi guru pendidikaan pelatihan guru (SG-PPG), hanya saja untuk portofolio selanjutnya ditiadakan.

Mardi sampaikan kuota sertifikasi melalui PLPG bagi masing-masing daerah ditentukan oleh pemerintah dan alokasi untuk tiap daerah cenderung berkurang. Sedangkan SG-PPG tidak dibatasi jumlah dan bergantung pada animo peserta apakah mau lewat pola tersebut. 

Mardi terangkan PLPG ditujukan guru ber-TMT per 30 Desember 2005 atau sebelumnya adapun SG-PPG untuk guru ber-TMT 31 Desember 2005 ke atas dan pada pola baru tersebut menggunakan acuan sama tetapi menggunakan dana secaa swadaya dengan syarat utama yakni sudah mengikuti uji kompetensi guru dan mencapai nilai 5,5. Diseburkan meski mandiri namun tidak ada jaminan otomatis peserta SG-PPG lolos sertifikasi dan tetap harus berjuang mencapainya. 

Ditambahkan kuota sertifikasi yang diterima Kabupaten Rembang tahun ini melalui PLPG sekira 100 an orang adapun yang mendaftar SG-PPG ada 600 an peserta. Kuota sertifikasi pola PLPG sendiri merupakan kebijakan nasional yang alokasinya diatur secara proporsional dengan artian bagi daerah yang masih banyak guru belum mendapat sertifikasi tentu memperoleh jumlah lebih besar. ( heru budi s )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::