Perbedaan Jangan Jadi Perpecahan

-- --
Gus Zaim ingatkan perbedaan jangan jadi perpecahan di kalangan umat Islam

Lasem-Dalam tradisi ulama Islam, perbedaan pendapat bukanlah hal yang baru bahkan tidak terhitung jumlahnya kitab-kitab yang ditulis ulama Islam yang disusun khusus untuk merangkum, mengkaji, membandingkan, kemudian mendiskusikan berbagai pandangan yang berbeda-beda dengan argumentasinya masing-masing. Semua perbedaan tersebut tidaklah menyebabkan mereka berpecah belah atau saling menghujat dan menjatuhkan, tetap bersaudara, rukun dan saling menghormati.

Hal terebut diutarakan KH Zaim Ahmad Maksoem pengasuh Ponpes Kauman Karangturi Lasem disela perhelatan Khotmil Quran dan Haul leluhur ponpes yang dipimpinnya harui sabtu(23/5). Oleh karena itu Gus Zaim panggilan akrabnya tak mau ikut berpolemik dengan pihak lain yang menilai tahlilan, yasisnan dan haul merupakan hal yang dilarang dalam Islam.

Penasehat Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jateng tersebut lebih lanjut mengatakan Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin, banyak sekali pendapat yang berbeda dan hal tersebut sangat dihargai namun jangan berimbas menjadi perpecahan. Untuk itu bagi mereka yang saling menyalahkan diminta untuk menempatkan diri sesuai porsi masing-masing, dicontohkan bahwa ibarat permainan sepakbola maka ada yang berposisi penjaga gawang, pemain belakang, gelandang dan penyerang sehingga tak boleh menyamaratakan tugas yang diemban selama bertanding. 

            Disinggung peran pemerintah untuk mengeliminir beda pendapat tersebut Gus Zaim tegaskan sebenarnya sudah banyak yang dilakukan tetapi memang perlu lebih dioptimalkan. Ditambahkan, MUI layaknya sebagai wasit hendaknya menegaskan aturan-aturan yang mesti ditegakkan dan harus dipenuhi. 
 


Kegiatan tersebut juga dihadiri sahabat Gus Zaim dari Hadramaut Yaman termasuk tokoh ternama di negaranya yang berkenan memberikan petuah, diantaranya mengajak semua umat muslim untuk mengacu Al qur’an dan meneladani Nabi Muhammad SAW utamanya dalam bertutur kata maupun bersikap dalam kehidupan sehari-hari  (herubudi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::