Perempuan Hebat Menembus Batas Dibanderol 1 Milyar

-- --


Chamim mengelak sebut harga yang dibanderol saat ditanya Bupati Abdul Hafidz

Rembang-Gema Kartini yang diusung Pemkab Rembang dalam rangkaian peringatan Hari Kartini ke 137 tahun ini salah satu kegiatannya memberikan ruang berkespresi untuk kalangan pelukis. Tak tanggung-tanggung agenda digelar berskala nasional bertajuk pameran seni lukis femalektika yang mengikutkan 10 orang pelukis lokal sebagai pesertanya.

            Kegiatan berlangsung selama 5 hari mulai Kamis hingga Senin ((14-18/04/2016) di Pendopo Museum RA Kartini dimana tiap penampil dibatasi mengusung dua karya. 

Bupati Rembang Abdul hafidz didampingi Wakil Bupati Bayu Andriyanto berkenan hadir dan membuka pada sore hari pertanda pameran mulai berlansung hingga nanti usai.

Dalam sambutannya, Bupati Abdul hafidz menyebutkan, peringatan hari lahir RA Kartini merupakan penghargaan atas sumbangsihnya dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga kini sejajar dengan pria. Berkaitan dengan kegiatan perayaan hari Kartini diusung tema Dengan Semangat Kartini Untuk Menuju Rembang Madani.

            Ajang bergengsi kalangan pelukis ini diwarnai satu hal fenomenal yakni salah satu karya berjudul "Perempuan Hebat Menembus Batas" yang dibanderol Rp1 milyar oleh pelukisnya bernama Abdul Chamim. Pemilik sanggar lukis Gentong Miring di kawasan Desa Sluke Kecamatan Sluke itu hanya menampilkan satu karya tadi yang secara tak sengaja dibuat dua bulan silam. Kanvas berukuran 1,5 kali 4,5 meter terdiri 3 panel merupakan karya campuran/mixed media dimana masing-masing bidang tertuang sapuan kuas menggambarkan wanita dalam ekspresi dan nuansa beda.

            Chamim sapaan akrabnya lebih lanjut menyebutkan masing-masing lukisan sengaja diberi warna dan makna beda, namun secara menyeluruh merupakan gambaran perjuangan keras para perempuan mengarungi hidup dalam keterbatasan yang melekat pada dirinya. Kemajemukan hidup memaksa mereka untuk tetap mempertahankan eksistensinya mengandalkan potensi diri yang dimiliki, perempuan yang terpinggirkan dan harus berjuang untuk hidup meski kesetaraan gender telah terbuka lebar berkat perjuangan Kartini.

            Terkait harga satu milyar rupiah tambah Chamim bukanlah tanpa pemikiran atau asal pasang harga saja, karena sudah direncanakan pemanfaatan jika lukisan laku terjual diputuskan separuhnya digunakan untuk penghargaan khusus kepada sosok RA Kartini dan kegiatan sosial berkaitan pemberdayaan perempuan yang hidup belum sejahtera. Utamanya
digunakan mempercantik komplek makam RA Kartini dalam koridor bidang seni dan lainnya dimanfaakan memberi bekal ketrampilan hidup wanita setempat agar mampu membiayaai hidup keluarga secara mandiri. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::