Rastra Disidak Kelayakannya

-- --


Tim gabungan melakukan sidak penyaluran rastra bulan April di Desa  Pulo Kecamatan Rembang



Rembang-Bertepatan dengan penyaluran beras sejahtera (rastra) atau dahulu dikenal dengan istilah raskin periode April, diadakan sidak guna memastikan apakah layak dikonsumsi warga penerima. Pasalnya sering dilaporkan jika kondisinya jelek sehingga terpaksa dijual dan harus tombok untuk membeli beras yang lebih bagus untuk dimakan.

Pada Rabu (06/05) pagi sidak penyaluran raskin dilakukan oleh tim gabungan terdiri staf Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat dan Bagian Administrasi Perkenomian Setda Rembang, di Desa Pulo Kecamatan Rembang. Seluruh rastra dicek kondisinya sebelum dibagikan kepada rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM).
 
Triana Husnul Khotimah staf Bappeda salah satu anggota tim gabungan disela kegiatan menerangkan sidak merupakan inisiatif dari intsansinya dan Bagian Administrasi Perekonomian dengan tujuan melakukan pengawasan sekaligus sosialisasi kepada aparatur desa terkait kualitas rastra. Pasalnya seringkali tim tingkat desa tidak memahami bahwa sebelum membagikan ke rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) harus dilakukan pengecekan apakah rastra sesuai dengan kualitas standar layak konsumsi.

Karena bila kondisi rastra selalu baik sambung Nana demikian sapaan akrabnya tentu juga memutus rantai penjualan beras raskin oleh RTS-PM. Karena bahan pangan yang mereka dapatkan berkualitas sehingga dapat dikonsumsi tanpa harus dilakukan tukar tambah membeli beras yang lebih bagus.

Nana tambahkan tim gabungan mengimbau tim rastra tingkat desa agar selalu melakukan pengecekan sebelum menyalurkan pada masyarakat penerima dan jika kedapatan beras berkualitas buruk hendaknya jangan dijual. Segera melapor ke tim kecamatan yang diteruskan ke tim kabupaten yang pasti ditindaklanjuti menghubungi satker rastra gudang dolog 206 Rembang untuk ditukar dengan beras sesuai standar yang layak konsumsi.

Terpisah Plt As 2 Sekda Rembang Abdullah Zawawi menjelaskan pagu rastra tahun ini untuk Kabupaten Rembang identik dengan tahun lalu bahkan mekanismenya juga tetap sama secara normal dibagikan selama 12 bulan. Penerima berjumlah 69.014 RTS-PM, masing-masing menerima 15 kilogram dengan harga tebus Rp1.600 per kilogram. (heru budi s)
Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::