Ratusan Siswa SD Pawai Keliling Perkenalkan Semangat Juang Kartini

-- --
Ratusan siswa SD Pamotan pawai ramaikan hari kartini 

TP PKK kecamatan pamotan menggelar upacara hari kartini di pendopo kecamatan setempat 

Pamotan – Dalam memperingati hari kartini, ratusan siswa SD di Pamotan mengikuti pawai untuk memperkenalkan semangat perjuangan RA Kartini sejak dini. Dengan mengenakan balutan busana khas jawa yakni kebaya untuk putri dan batik untuk putra, siswa dari SDN 1 Pamotan, SDN 2 Pamotan, dan SDN 5 Pamotan berjalan mengelilingi kampung sepanjang 2 km sambil menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini”.

              Kepala sekolah SDN 2 Pamotan Sugihar Wahyudi mengatakan, pawai diadakan dengan maksud memperkenalkan semangat juang RA Kartini kepada anak didik sehingga mereka bisa mencontohnya.

              Selain kepada anak didik, semangat Kartini juga dikenalkan kepada warga kampung yang menjadi rute perjalanan pawai kali ini. Hal ini dilakukan karena untuk melanjutkan perjuangan RA Kartini tidak hanya menjadi tanggungjawab para pendidik dan pelajar saja, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat. 

              Sementara memilih balutan busana tradisional yang dipakai kali ini tujuannya adalah untuk melestarikan warisan budaya sehingga tidak terkikis akibat modernisasi. Selain itu juga untuk memperkenalkan batik Lasem yang juga termasuk dalam salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan.

              Terkait pengenalan kepada anak tentang siapakah RA Kartini itu memang sudah sering kali dilakukan, salah satunya melalui pelajaran sejarah. Dan para siswa pun sudah sedikit banyak mengenal pahlawan emansipasi tersebut.

              Salsabila Intan Ardiyanti salah satu siswa kelas 5 SDN 2 Pamotan misalnya, ketika ditemui reporter CB FM dan ditanya soal RA Kartini ternyata dia bisa menjawab dengan lugas. Gadis yang kerap disapa Tata ini ingin meneruskan perjuangan RA Kartini dengan terus belajar dengan giat supaya dapat meraih cita-citanya yang ingin menjadi dokter. 

              Setelah pawai, masing-masing siswa kembali ke sekolah masing-masing untuk kemudian mengikuti perlombaan yang digelar secara intern oleh sekolah mereka.

Terpisah Tim Penggerak (TP) PKK kecamatan, TP PKK desa dan darma wanita kecamatan pamotan pagi tadi (21/4)  menggelar upacara hari kartini ke 137 yang di laksanakan di pendopo kecamatan setempat. Seluruh petugas  upacara memakai kebaya mulai dari pembina upacara, pembaca pancasila pembaca sejarah riwayat singkat RA Kartini. Ketua TP PKK kecamatan Pamotan Diah Wiyoto menjadi pembina upacara (warih puspita arum/Heri )

Reaksi: 

Post a comment

Live 102.1 Radio CBFM

Politik

item
::: Anda juga dapat mendengarkan siaran kami memalaui Streaming website www.cbfmrembang.com ::: E-mail redaksicbfmrembang[@]gmail.com :::: Info pemasangan iklan Wida Susanti 0822 4106 1891 ::: Tlpn ( 0295 ) 691613 ::: Pemberitaan 085 226 904 720 :::